Politik

9 Kursi Parlemen, untuk Paket Pilkada Purwakarta 2018

9 Kursi Parlemen, untuk Paket Pilkada Purwakarta

Cidahu.com – Dengan disahkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 1 Tahun 2014 menjadi UU Pilkada belum lama ini, diatur bahwa partai atau gabungan partai yang berhak mencalonkan dalam Pilkada minimalnya memiliki 20 persen dari jumlah kursi di Parlemen.

“Konteks Purwakarta, dari 9 partai dengan 45 kursi yang ada di parlemen, tidak satupun partai yang memiliki jumlah kursi sebanyak 20 persen (9 kursi) partai pemenangpun hanya memiliki 8 kursi, artinya, tidak ada partai yang bisa berdiri sendiri dalam Pilkada, harus koalisi,” kata Pemerhati Sosial Politik Purwakarta, Awod Abdulgadir kepada Cidahu News, Kamis (18/2/2016).

Menurutnya, Pilkada Purwakarta 2018 yang akan digelar kurang lebih dua tahun lagi. Diperkirakan dalam pilkada nantinya hanya ada 3-4 paket koalisi.

“Kemungkinan kedepan, tidak ada pemilihan untuk Calon Wakil Bupati, paketnya hanya Calon Bupati saja. Untuk itu partai harus jauh-jauh hari mempublikasikan yang nantinya akan dicalonkan oleh partai bersangkutan,” imbuhnya.

Awod melihat ada dua macam tokoh yang kemungkinan nanti muncul dalam kancah Pilkada, yaitu tokoh dari golongan muda dan dari golongan tua.

“Kemungkinan tokoh muda yang muncul diantaranya, Rustandie, Haji Diding, Onie S Sandi, Sarif Hidayat, Acep Maman, Isep Saprudin Yahya, Budi Supeni dan lainnya, sedangkan dari golongan tua akan muncul nama-nama, Burhan Fuad, Nanang Tajudin, Mukhtar HP, Fadil Karsoma, Dadan Koswara dan Andrie Chaerul,” ungkapnya.

Menutup, Awod mengatakan, dalam hal menyikapi hal tersebut, dirinya dan para inohong Purwakarta lainnya telah berkumpul dan bersepakat untuk menyamakan persepsi terkait visi misi seperti apa untuk pemimpin Purwakarta kedepan.

“Pembangunan Purwakarta kedepan harus lebih terarah, terukur dan sesuai harapan-harapan masyarakat, para inohong juga bersepakat untuk menghantarkan Bupati Dedi Mulyadi menyelesaikan masa jabatannya sesuai yang ditetapkan,” pungkasnya. (CN-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top