Headline

Dosen Deklarasi jadi Calon Bupati Purwakarta

Cidahu.com – Dosen Tetap Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Ir. H. Zainal Arifin, M.T., IPU menjawab kesiapannya atas Daulat Calon Pemimpin Purwakarta dari sejumlah kelompok masyarakat di Purwakarta.

“Saya siap bergabung dalam barisan masyarakat Purwakarta untuk hijrah menuju Purwakarta lebih baik,” katanya dalam acara Silaturahim Halal Bihalal yang digelar di Aula UPI Purwakarta, Minggu (10/7/2016).

Selain itu, Pria kelahiran Pasar Rebo Purwakarta, 1 November 1970 lalu itu, menambahkan, secara internal dia sudah mempersiapkan teknis maupun nonteknis untuk maju dalam jalur independen.

“Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bisa juga melalui jalur parpol. Sekarang masih dalam proses komunikasi. Untuk bisa menang, dalam strategi perang Sun Tzu kita harus melihat internal dan eksternal, dalam konteks independen, ribuan warga sudah menyatakan dukungannya,” ungkap Zainal.

Terkait hal diatas, Pengamat Politik Purwakarta, Agus Supriyatna, SH mengatakan, ini sebuah harapan baru, muncul dari background akademisi. Menurutnya, Purwakarta memang membutuhkan hal baru.

“Meskipun begitu dari sisi politik saya belum melihat ini sebagai sebuah kekuatan berimbang bagi penguasa hari ini. Tapi dibandingkan dengan bakal calon diluar kekuasaan, kang Zainal Arifin jelas lebih siap dan memiliki konsep yang menjanjikan,” beber Agus Supri, begitu dia biasa disapa.

Sementara terkait jalur independen atau melalui parpol, menurut Agus Supri, yang terpenting adalah masyarakat, dari sisi parpol seperti kita ketahui belum pula ada yang jelas akan mencalonkan siapa.

“Sehingga terbuka pula bagi Zainal Arifin (atau bakal calon lainnya) dicalonkan oleh partai. Adapun jika lewat independen masih punya waktu yang cukup untuk memenuhi 6,5 persen dari jumlah pemilih pilkada sebelumnya,” ujar Agus.

Dalam acara yang dihadiri ribuan warga dari berbagai kelompok masyarakat itu, terlihat hadir pula Mantan Wakil Bupati Purwakarta Dudung B Supardi (Calon Bupati Pilkada 2013) dan Calon Wakil Bupati Pilkada 2013, Onie S Sandy.

Dihubungi terpisah, Ketua KPU Purwakarta, Deni Ahmad Haidar mengatakan, dalam konteks pilkada baik calon dari perseorangan (independen) atau melalui jalur parpol memiliki peluang yang sama.

“Dengan catatan memenuhi persyaratan seperti yang diisyaratkan oleh peraturan perundang-undangan yang berlaku,” ujar Deni. (CN-01)

Comments
To Top