Headline

Tekan Penggunaan Kendaraan Bermotor Oleh Anak Dibawah Umur

Cidahu.com – Sepertinya kejadian Laka lantas yang menewaskan seorang pelajar kelas 1 Sekolah Dasar bernama Vivilia Apidah (6) karena tertabrak oleh sepeda motor jenis Yamaha R15 yang dikendarai oleh FGR (16) pelajar di salah satu SMK Negeri di Kabupaten Purwakarta Jum’at (29/7) mendapat perhatian serius Dedi Mulyadi sebagai Bupati Purwakarta.

Selain memecat langsung pelajar tersebut dari sekolahnya
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purwakarta bekerja sama dengan Polres setempat akan menggelar razia bersama untuk menekan penggunaan kendaraan bermotor oleh anak dibawah umur. Hal ini ditegaskan oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang hadir bersama Kapolres Purwakarta AKBP Trunoyudo Wisnu Andiko disela acara Festival Sunda – Cirebonan Sabtu (30/07/16) di seputaran kawasan Jalan Jenderal Sudirman Purwakarta.

Bupati yang akrab disapa Kang Dedi tersebut mengatakan pihaknya sudah meminta kepada jajaran Ketua RT/RW di seluruh wilayah Purwakarta untuk merazia rumah-rumah di sekitar sekolah yang kerap kali dijadikan tempat penitipan kendaraan bermotor milik siswa. Menurut Dedi, jika kedapatan ada kendaraan bermotor, pihaknya tidak akan segan untuk menarik kendaraan tersebut dan memberikan sanksi tegas kepada pemilik penitipan.

“Seluruh stakeholder RT/RW dan aparat desa harus tegas. Mereka harus menyisir rumah warga yang dijadikan tempat penitipan kendaraan bermotor. Kendaraannya bisa kami rampas dan subsidi untuk warga pemilik penitipan akan kami cabut. Jadi tidak bisa lagi berobat gratis dan menikmati fasilitas pemerintah kabupaten yang lain,” tegasnya

Hal senada diungkapkan oleh Kapolres Purwakarta AKBP Trunoyudo Wisnu Andiko. Ia mengatakan pihak kepolisian akan menggelar sosialisasi aktif kepada orang tua yang membiarkan anaknya membawa kendaraan bermotor. Pihaknya pun tidak akan segan mengambil tindakan jika sosialisasi persuasif tidak diindahkan.

“Kita akan mulai ke sekolah-sekolah, mengumpulkan para orang tua dan berbicara kepada mereka dari hati ke hati. Ini penting untuk keselamatan anak-anak mereka juga. Kalau terus bandel. Kami tempuh tindakan tegas,” ujar Truno. (CN-02)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top