Purwakarta

Lagi, Kades di Purwakarta Disikat Saber Pungli

Ketua APDESI Kabupaten Purwakarta, Anwar Sadat memberikan keterangan kepada sejumlah awak media

Cidahu.com – Diduga soal jual beli tanah. Kepala Desa Karya Mekar Kecamatan Cibatu, Nardi diamankan Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Purwakarta, Selasa (21/3/2017).

Dari informasi yang berhasil dihimpun cidahu.com, Nardi digiring ke Mapolres Purwakarta, kekitar pukul 14. 30 WIB. Sang Kades turun dari mobil dan langsung digiring ke ruang Unit III Satuan Resere Kriminal Polres Purwakarta.

Terkait pengamanan Kades tersebut, petugas kepolisian Polres Purwakarta belum bisa bisa memberikan keterangan. Polisi terlihat masih melakukan pemeriksaan terhadap Nardi.

Sementara, Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Purwakarta, Anwar Sadat yang mendampingi Kades Karya Mekar di Polres Purwakarta mengatakan, pihaknya akan menyiapkan advokat untuk mengawal rekannya yang diamankan petugas Saber Pungli Purwakarta. Ini dilakukan sebagai bentuk perlindungan terhadap rekannya tersebut.

“Kita sudah menyiapkan advokat untuk perlindungan kasus ini,” kata Anwar, kepada sejumlah awak media.

Pihaknya membenarkan, jika Nardi telah menerima uang Rp1,6 juta. Rekannya itu menjadi saksi dalam proses akta jual beli tanah. Dia menegaskan, dalam penerimaan uang tersebut tidak ada unsur paksaan.

“Uang yang Rp1,6 juta ini dibelikan pasir untuk pembangunan kantor desa. Uangnya diterima, langsung dibelikan pasir,” ungkap Anwar.

Anwar menambahkan, tidak mengetahui secara detail pelaksanaan jual beli tanah yang melibatkan Kades Karya Mekar sebagai saksi. Ia juga tidak mengetahui besaran harga tanah dan luas lahan yang dijual belikan. Tapi memang lanjut Anwar, Kades Nardi meminta bantuan untuk pembangunan kantor desa. Sehingga perwakilan Notaris yang akan membuat AJB memberikan uang Rp1,6 juta untuk memenuhi permintaan Kades Karya Mekar tersebut. “Dia minta itu, saya mohon dibantu untuk pasir,” ujar Anwar menirukan.

Sampai berita ini diturunkan, belum ada keterangan resmi dari petugas Tim Saber Pungli Purwakarta. Begitupun dari pihak kepolisian Polres Purwakarta. Belum bisa memberikan keterangan.

Sebelumnya, Kepala Desa Sukatani Kecamatan Sukatani, AS, juga diamankan di Kepolisian Resort Purwakarta. Kades tersebut, kini telah ditahan dan menunggu proses hukum berkaitan dengan dugaan pungli. (red)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top