Peristiwa

Fokus JP Dukung Kepolisian Proses “Wartawan Nakal”

4 Oknum wartawan sebuah surat kabar diduga lakukan pemerasan, diamankan Kepolisian Resort Purwakarta
4 Oknum wartawan sebuah surat kabar diduga lakukan pemerasan, diamankan Kepolisian Resort Purwakarta

Cidahu.com – Koordinator Forum Komunikasi Jurnalis Purwakarta (Fokus JP), Oyang Este Binos menyesalkan tindakan sejumlah oknum wartawan yang melalukan pemerasan kepada warga. Menurutnya, hal itu sebagai peristiwa memalukan dan mencoreng nama baik wartawan.

Untuk itu, pihaknya mendukung penuh langkah kepolisian memproses kasus tersebut hingga tuntas dengan tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah. Selain itu, Binos pun meminta masyarakat tak segan melapor jika ada perilaku wartawan yang dianggap melanggar ketentuan.

“Laporkan saja, jangan ragu,” ujarnya kepada Cidahu.com, Jumat (24/3/2017).

Forum Komunikasi Jurnalis Purwakarta yang dibawah koordinasinya memastikan kinerja wartawan bekerja profesional, Fokus JP yang bermarkas di Jalan RE Martadinata Purwakarta, rutin melakukan diskusi dan arahan ringan di internal forum tersebut. Sehingga, wartawan tetap bekerja sesuai kode etik jurnalistik.

Sebelumnya diketahui, diduga memeras warga, empat orang oknum wartawan mingguan di Purwakarta diamankan polisi, Kamis (24/3/2017).

Keempatnya adalah Y (30) dan A (32) warga Purwakarta, serta GP (35) dan AH warga Cimahi, Bandung. Mereka ditangkap dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di daerah Munjul, Purwakarta.

Modusnya, para pelaku membuntuti calon korban yang diduga selingkuh di hotel dan mengikutinya hingga pulang ke rumah. Kepada korban mereka mengancam bakal mempublikasi jika tidak menyerahkan sejumlah uang. Merasa takut, korban akhirnya bersedia menyerahkan uang hingga Rp 15 juta.

Apesnya, baru juga Rp 2 juta uang diserahkan, para pelaku keburu ditangkap polisi. “Pelaku kita amankan tadi malam setelah petugas mendapat laporan. Sekarang masih proses BAP,” kata Kasatreskrim Polres Purwakarta melalui Kanit IV, Budi Suheri. (red)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top