Purwakarta

2017, Ijasah Paket C Ditandatangani PKBM

Cidahu.com – Ketua Forum Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (Forum PKBM) Deni Ramdani menegaskan, untuk ijasah kesetaraan SMA (Paket C) tahun ini tidak ditandatangani oleh Dinas Pendidikan. Tapi, ditandatangani oleh PKBM penyelenggara.

“Yang bisa melaksanakan UN Paket C adalah lembaga yang program Paket C-nya sudah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional (BAN) diantaranya PKBM Bina Asih Cibatu, PKBM Bina Warga Tegalwaru, Pelita Purwakarta dan PKBM Raharja Sukasari,” ujar Deni kepada cidahu.com, Minggu (16/4/2017).

Menurutnya, akreditasi berpengaruh pada proses administrasi yang ditempuh terutama untuk ijasah yang dikeluarkan. Mulai tahun ini, bukan lagi ditandatangani oleh Dinas Pendidikan, melainkan oleh Kepala atau Direktur PKBM masing masing. Untuk PKBM yang belum terakreditasi, menginduk ke 4 lembaga PKBM yang sudah disebutkan diatas.

“Alhamdulillah seluruh peserta sudah diberi persiapan yang cukup sebelum mengikuti ujian. Semoga mereka mampu meraih nilai terbaik sekalipun UN ini bukan menjadi syarat utama kelulusan,” kata Deni.

Lebih jauh, Deni menerangkan, hanya 70 dari 1.000 peserta yang tidak hadir dalam Ujian Nasional (UN) Kesetaraan SMA (Paket C) yang digelar sejak, Sabtu (15/4/2017) lalu di Kabupaten Purwakarta. Pelaksanaan UN dibagi dalam 3 zona wilayah, meliputi; Kecamatan Purwakarta 307 peserta, Cibatu 375 dan di Kecamatan Tegalwaru 318 peserta.

“UN Paket C digelar di 3 lokasi berbeda, untuk Kecamatan Purwakarta di Pusatkan di Gedung SMK YPK, Kecamatan Cibatu di SMP Satu Atap dan di Kecamatan Tegalwaru di SMK Karisma,” terang Deni.

Waktu pelaksanaan dibagi menjadi dua pekan, pekan pertama Sabtu-Minggu, 15-16 April 2017 dan pekan kedua dengan hari yang sama pada 22-23 April 2017. Diikuti oleh seluruh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di setiap kecamatan yang ada di Purwakarta dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Purwakarta.

Pantauan cidahu.com ada yang menarik dalam pelaksanaan UN Paket C kali ini. Dari ratusan peserta UN Paket C, salah satunya Jana Mulyana, pria berusia 25 tahun Warga Kelurahan Nagri Kaler itu Terlihat semangat untuk belajar dan berusaha mendapatkan hasil yang terbaik dalam ujian yang sedang ditempuhnya saat ini.

Saat ditanya motivasi mengikuti ujian kesetaraan, Jana yang sehari-hari aktif sebagai pengurus Karang Taruna di RW 10 Kelurahan Nagri Kaler itu, sambil tersenyum dia menjawab, “Saya mengalami sedikit kesulitan pada soal matematika, tapi Alhamdulillah bisa selesai. Dengan mengikuti UN Paket C, saya ingin terus menambah wawasan dan pengetahuan,” ujar Pria yang biasa disapa Uben itu.

Semoga yang dilakukan Uben bisa menjadi motivasi para kaum muda untuk tidak berhenti menimba ilmu pengetahuan dengan terus belajar, baik dilembaga formal maupun non formal. (red)⁠⁠⁠⁠

To Top