Purwakarta

Segera, Pengembangan Destinasi Wisata Gunung Parang Purwakarta

Cidahu.com — Pengembangan kawasan wisata alam Gunung Parang di Kecamatan Tegalwaru Kabupaten Purwakarta akan dilakukan tahun depan.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Purwakarta Tri Hartanto mengatakan, dalam rapat pembahasan APBD Purwakarta 2016, pemerintah telah menganggarkan dana untuk pengembangan wisata. “Kami mengalokasikan Rp 5 milyar untuk pengembangan wisata Gunung Parang pada 2016,” kata Tri, belum lama ini.

Ia menjelaskan, selama ini Gunung Wayang yang menawarkan wisata panjat tebing setinggi 983 mdpl, banyak diminati para wisatawan mancanegara dan domestik. “Karena potensinya besar, itu jadi alasan pemerintah untuk kembangkan Gunung Parang,” ujar dia.

Pemerintah kata dia, tahun depan memiliki enam kebijakan prioritas pembangunan. Kelima prioritas pembangunan itu yakni bidang pendidikan. “Selain pada tataran perbaikan sarana dan prasarana, mulai tahun depan siswa SMK hanya belajar di sekolah selama. Satu tahun sedangkan dua tahun sisanya akan dihabiskan kerja praktek di sejumlah perusahaan,” ujar Tri.

Lalu prioritas peningkatan pelayanan kesehatan berupa rehabilitasi puskesmas. Saat ini Purwakarta memiliki 20 unit puskesmas yang tersebar di 17 kecamatan. Peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan juga termasuk dalam kebijakan prioritas pemerintah. “Dan tentu saja kami berkaca pada tahun ini, setiap daerah alami kekeringan selama musim kemarau. Sehingga, tahun depan kami akan coba fokus meningkatkan infrastruktur sarana air bersih,” ujar dia.

Adapun dalam pembahasan APBD, tahun 2016 Tri menyebutkan Purwakarta akan memiliki APBD senilai Rp 2.2 triliun atau mengalami kenaikan 6 persen dari tahun ini sebesar Rp 1.9 triliun. “Itu termasuk dana bantuan pemerintah pusat seperti Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK),” kata dia.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Pariwisata pada Dinas Perhubungan, Budaya, Pariwisata, Pos dan Telekomunikasi(Dishubbudparpostel) Purwakarta Norman Nugraha menambahkan angka kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik ke Gunung Parang, setiap tahun sangat tinggi. “Kunjungan tiap tahun ke Gunung Parang mencapai 2500 hingga 3000 wisatawan yang datang, itu umumnya wisatawan mancanegara dan banyaknya wisatawan domestik,” ujar Norman melalui ponselnya.

Pengembangan yang dilakukan, kata dia, dengan menambah fasilitas wisata. Apalagi, Gunung Parang dikenal dengan panjat tebing via ferrata di tebing setinggi 983 mdpl. “Karena kunjungannya tinggi, tahun depan kami tambah penginapan di sekitar Gunung Parang,” ujarnya. (wiw)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top