Headline

Imigrasi Karawang Jaring 33 Pekerja WNA di Purwakarta

Sidak Pekerja WNA di Purwakarta

Cidahu.com — Sedikitnya 33 orang Warga Negara Asing (WNA) yang bekerja di sejumlah perusahaan di Purwakarta, berhasil terjaring dalam sidak yang dilakukan Kantor Imigrasi Karawang, Selasa (20/10/2015).

28 WNA merupakan pekerja dari sejumlah perusahaan yang ada di kawasan indutri Kecamatan Jatiluhur dan kawasan indutri Bukit Indah City (BIC) Kecamatan Jatiluhur. Sedangkan, 5 WNA lainnya didapati sedang dalam kunjungan studi banding perusahaan yang ada di Purwakarta.

Para WNA yang yang rata-rata berasal dari Negara Korea dan India ini, terpaksa diangkut petugas kantor Imigrasi Karawang lantaran tidak bisa menunjukan idnetitas imigrasi baik berupa paspor maupun visa saat diminta menunjukan kepada petugas.

Kepala Penindakan Imigrasi Karawang, Asriani Fusfita menjelaskan, bagi para WNA yang tidak menunjukan dokumentasi imigrasi berupa identitas perjalanan baik paspor maupun visa, petugas akan membawa WNA bersangkutan ke kekantor Imigrasi Karawang.

“Kami bawa dulu untuk dilakukan pengecekan, jika WNA bersangkutan bisa menunjukan paspor atau visa yang dimiliki akan kami kembalikan,” jelas dia, usai menggelar Sidak.

Bagi WNA yang sudah diamankan dan tidak bisa menunjukan dokumen imigrasi lanjut dia, pihak kantor Imigrasi Karawang akan melakukan tindakan tegas yang sesuai dengan ketentuan. Tentu saja tindakan tegas tersebut kata dia, setelah melalui tahapan proses yang telah ditentukan. “Jika tidak dideportasi akan dilakukan tindakan berupa diadili secara hukum positif,” tegas dia.

Dari hasil Sidak yang dilaksanakan sambung dia, sejauh ini para pekerja asing di Purwakarta dinilai sudah tertib sesuai ketentuan. WNA yang ada di Purwakarta bisa menunjukan paspor serta visa yang sesuai dengan peruntukannya selama tinggal di Purwakarta. “Dari hasil Sidak kami, para WNA yang ada di perusahan-perusahan sudah bisa menunjukan izin tinggal yang sesuai,” jelasnya.

Sidak yang dilaksanakan secara dadakan ini sambung dia, akan terus dilakukan dalam rangka menciptakan ketertiban secara administratif para WNA yang ada di Purwakarta. Kedepan kata dia, Sidak akan dilaksanakn secara rutin dalam jangka waktu tertentu. “Sidak ini akan dilakukan secara berkesinambungan,” pungkasnya. (wiw)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top