Purwakarta

Lagi, Satpol PP Purwakarta Sikat Galian C

Cidahu.com – Kali ini, giliran Galian C manual milik warga di Desa Sawit Kecamatan Darangdan yang diberangus Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Purwakarta. Penertiban tersebut juga melibatkan unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) setempat.

“Sebelumnya, warga pemilik galian tersebut, sudah dikomunikasikan, bahwa galian miliknya itu menyalahi aturan sehingga harus ditutup,” kata Kabid Penindakan Satpol PP Kabupaten Purwakarta, Jaya Pranolo melalui selulernya, Kamis (29/10/2015).

Menurutnya, galian pasir tersebut tidak memiliki izin untuk beroperasi, sehingga pihaknya melakukan penertiban.

“Pemiliknya sudah menandatangani surat pernyataan tidak akan membuka kembali tambangnya,” tambah Jaya.

Sementara itu, Mantri Polisi (MP) Kecamatan Darangdan, Jajang Supriatna, S.Sos, menjelaskan, bahwa luas areal pertambangan manual milik warga tersebut sekitar 200 meter.

“Tanah yang di kupas oleh penambang sudah berbentuk tebing, dengan ketinggian kurang lebih sekitar 3 meter,” katanya.

Menurut Jajang, kemiringan dari terbing akibat galian tersebut mencapai 90 derajat, hal ini dianggap akan membahayakan bagi para penambangnya itu sendiri.

“Semuanya (penertiban) berjalan lancar, pihak pemilik tambang juga menyadari kalau tambangnya ilegal sehingga membuat pernyataan tidak akan membuka tambang lagi dikemudian hari,” ungkapnya.

Walaupun tambang itu merupakan tempat warga mencari nafkah, lanjut Jajang, namun warga menyadari bahwa penambangan yang dilakukan mereka akan berdampak pada rusaknya lingkungan tempat mereka tinggal. “Akhirnya warga sadar, dan mereka sepakat untuk tidak menggali lagi pasir di tempat tersebut,” pungkasnya. (wiw)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top
%d blogger menyukai ini: