Jawa Barat

“Campuracun”, Paguyuban Sundawani Kecam Habib Rizieq

Habib Rizieq

Cidahu.com – Terkait pernyataan Habib Rizieq yang memplesetkan “Sampurasun” menjadi “Campuracun”. Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Paguyuban Sundawani Kabupaten Purwakarta, Budi Samsu Alam meminta Ketua FPI itu untuk segera minta maaf pada orang sunda.

Budi Samsu Alam

Budi Samsu Alam

“Mengenai ucapan Habib Rizieq tentang salam sampurasun, tetapi diucapkan oleh seorang habib menjadi campurracun, telah mengusik hati kami selaku orang Sunda, kami anggap ucapan itu tidak berdasar dan tak patut diucapkan, apalagi oleh tokoh agama,” kata Budi kepada Cidahu News, Kamis (26/11/2015).

Pihaknya, selaku orang sunda dari Paguyuban Sundawani Purwakarta mengecam keras ucapan Habib Rizieq tersebut dan mengharamkan untuk seorang Habib Rizieq menginjakkan kakinya ditanah tatar sunda. “Jika seperti itu, tak pantas untuk seorang “Babib Rizieq” tapi lebih pantas disebut habib sirik,” tegasnya.

Penghinaan tersebut diketahui, telah beredar ceramah Habib Rizieq di Purwakarta pada 13 November lalu. Dalam video yang berdurasi 43 detik, Habib Rizieq memplesetkan istilah “Sampurasun” menjadi “Campurracun”, saat mengisi ceramah di Purwakarta Pasar Rebo, yang diketahui diselengarakan oleh Majlis Manhajus Sholihin.

“Bagi orang sunda, sampurasun adalah bagian dari nilai saling menghormati antar sesama entitas masyarakat Pasundan, sangat disayangkan ucapan Habib Rizieq yang disinyalir melecehkan Budaya Jawa Barat itu,” imbuhnya.

Semestinya lanjut Budi, Habib Rizieq bisa menyadari bahwa budaya sunda yang ada ditanah Pasundan merupakan bagian dari Indonesia yang notabene kaya akan kergaman budaya.

Dia menganalogikan, seperti apa kata pribahasa, dimana bumi dipijak disitu langit dijungjung. Artinya, sosok habib sebagai seorang yang berilmu mesti bisa menghrgai dan menghormati. Apalagi menurut pria yang juga aktif menjadi politisi PDIP Purwakarta itu menilai Purwakarta kini menjadi miniatur kota yang berbasis budaya sunda.

“Saya berharap kejadian ini, bisa menjadi Ibroh, yang mencerminkan bahwa Islm adalah Rahmatan Lil Alamin,” pungkasnya. (CN-01).

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top