Peristiwa

Pasir Munjul Sukatani Terancam Longsor Susulan

Pasir Munjul Terancam Longsor Susulan

Cidahu.com – Tiap musim hujan menjadi langganan longsor, dengan wilayah yang berbukit dan kontur tanah yang labil, membuat warga Kampung Randiah Desa Pasir Munjul Kecamatan Sukatani cemas longsor susulan terjadi lagi, sebelumnya, Rabu (25/11/2015) longsor terjadi di wilayah tersebut.

Kepala Dusun, Akip (50) yang lahannya juga terkena longsor menjelaskan, kampung yang terletak di sebelah timur Desa Pasir Munjul tersebut menjadi langganan longsor tiap musim penghujan, bukan tanpa alasan selain kontur tanah yang labil Desa Pasir Munjul juga kategori tanah berbukit.

“Saya khawatir terjadi longsor susulan, apalagi longsor kemarin hanya beberapa meter dari teras rumah, saya harap ada bantuan dari pemerintah untuk mengantisipasi longsor susulan,” katanya kepada wartawan, Kamis (26/11/2015).

Dihubungi terpisah, Kepala Desa Pasir Mujul, Hilman Nuryaman mengatakan, pihaknya akan menanggapi serius bencana yang sering terjadi di wilayahnya kedepan pihak desa akan melakukan penanaman pohon di sejumlah titik rawan longsor.

“Saya beserta jajaran akan langsung melakukan perbaikan diberbagai titik terjadinya longsor dan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk antisipasi bencana,” jelasnya.

Selain itu, sambung Hilman, pihaknya akan memasang spanduk peringatan diberbagai titik longsor untuk mengantisipasi supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan akan melakukan penghijauan untuk antisipasi jangka panjang.

Sementara itu, Camat Sukatani, Panji Sarijaman menghimbau warganya untuk tetap waspada. Pasalnya sering terjadi longsor disemua desa yang ada di Kecamatan Sukatani termasuk Desa Pasir Munjul.

“Saya kemarin sudah membagikan spanduk peringatan bencana pada musim hujan kesemua desa termasuk Pasir Munjul, saya juga sudah memberikan himbauan agar tetap waspada dan siaga satu kepada semua kepala desa dimasing-dimasing wilayahnya,” ujar Panji. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top