Peristiwa

Sungai Babakan Mangga Tegalwaru Meluap, Sawah dan Jalan Desa Terendam

Sungai Babakan Mangga Tegalwaru Meluap, Sawah dan Jalan Desa Terendam

Cidahu.com – Hujan yang terus mengguyur Purwakarta akhir-akhir ini menyebabkan sungai di Kampung Babakan Mangga Desa Tegalwaru Kecamatan Tegalwaru meluap. Akibatnya jalan desa dan hektaran sawah warga yang siap garap terendam banjir, Jumat (27/11/2015).

Bahkan, akibat tingginya air yang merendam jalan desa tersebut telah menyebabkan kecelakaan. Seorang guru yang hendak mengajar disalah satu TK di wilayah itu, terperosok kedalam lubang yang terendam air.

Obi (41) warga setempat, mengatakan air yang merendam jalan dan sawah di desanya itu dipicu akibat jebolnya tanggul sungai yang tak mampu menahan luapan air yang cukup besar, dan banjir ersebut sudah terjadi dua kali selama musim hujan dibulan November ini.

“Tanggulnya jebol karena gak kuat nahan besarnya luapan air yang cukup besar, dan banjir seperti ini sudah dua kali terjadi selama musim hujan dibulan November sekarang,” ujarnya kepada Cidahu News.

Dia berharap secepatnya pemerintah membenahi aliran sungai tersebut hingga banjir tidak terulang lagi, mengingat curah hujan yang selalu besar.

“Mudah-mudahan pemerintah bisa segera memperbaiki aliran sungainya supaya banjirnya tidak terulang lagi, soalnya kan hujannya gede terus,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tegalwaru, Suhim mengatakan, banjir yang terjadi di desanya diakibatkan oleh kencangnya arus air di aliran sungai yang juga disertai sejumlah sampah yang datang dari hilir mengakibatkan tanggul sungai ebol, alhasil airnya imbas ke persawahan dan jalan.

Sebagai bentuk upaya pembenahan, Kepala Desa Tegalwaru bersama warga bergotong-royong membenahi tanggul yang jebol dengan karung berisi tanah, sementara sampai turunnya bantuan untuk membangun tanggul yang benar-benar kokoh dan kuat.

“Banjirnya gara-gara tanggul sungai gak kuat nahan derasnya air yang bercampur sampah dari hilir , ya untuk sementara saya bersama warga membuat tanggul dari karung yang berisi tanah, kemudian setelah permohonan bantuanya turun maka akan langsung kami bangun tanggul yang kuat,” pungkasnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top