Tokoh

George Boole, Pencetus Logika Matematika Modern

George Boole

Cidahu.com – George Boole merupakan pencetus logika matematika modern. Dialah yang memperkenalkan ide aljabar biner yang kini banyak digunakan dalam desain sirkuit computer dan perancangan sakelar on/off.
George Boole dilahirkan di Lincoln, Inggris pada tanggal 2 November 1815. Beliau berasal dari keluarga miskin. Kepandaian Boole sudah tampak sejak berusia 12 tahun. Pada saat itu, dia sudah berhasil menerjemahkan sebuah syair dari bahasa latin. Hasil terjemahan itu dikirimkan ke surat kabar setempat. Ketika dimuat, banyak orang tidak percaya bahwa yang menerjemahkan syair itu adalah seorang anak yang berumur 12 tahun. George Boole.
Ayah Boole adalah seseorang yang tertarik pada matematika. Oleh karena itu, ia pun mengiginkan agar anaknya menjadi seperti dirinya kelak. Boole berkerja sambilan menjadi asisten guru pada usia 16 tahun untuk membantu ekonomi keluarganya.

Boole mendirikan sebuah Sekolah Dasar dengan tujuan khusus untuk mempersipkan murid-muridnya menjadi matematikawan. Saat membuka sekolah itulah, Boole menyadari bahwa buku pegangan yang digunakanoleh siswa saat itu bukan buku matematika yang layak. Dia lalu kembali membuka buku matematika klasik yang ditulis pada abad ke-17 dan abad ke-18. Kemudian Boole terpengaruh oleh pemikiran-pemikiran Isaac Newton Pierre Laplace.
Karya pertama Boole yang berhubungan dengan logika matematika adalah The Mhatematical Analysis Of Logic. Buku ini diterbitkan pada tahun 1847. Selanjutnya, kembali menulis buku tentang logika pada tahun 1854, yaitu An Investigation Of Thought. Kelebihan pemikiran Boole ini adalah dia mampu merumuskan hubungan yang terdapat di dalam logika matematika menjadi symbol-simbol yang sangat sederhana. Hasil pemikiran Boole ini kelak dikenal dengan nama Aljabar Boolean.

Sebagian dari karya Boole memang langsung berpengaruh pada saat itu. Akan tetapi, sebagian lainnya tidak. Misalnya, Boole sempat menulis dua buku teks matematika, yaitu Treatise on Differential Equation pada tahun 1859 danTreatise on The Calculusof Finite Difference padatahun 1860. Kedua buku ini baru dijadkan rujukan pengajaran di universitas-universitas beberapa decade setelah kematiannya.

Boole menerima penghargaan dari Universitas Dublin dan Oxford. Dia pun menjadi anggota kehormatan di Royal Irish Academy dan Royal Society of London. Aljabar Boolean yang dicetuskan Boole merupakan ide dasar dalam perancangan sirkuit computer dan juga bermanfaat dalam perancangan jalur tekepon. George Boole merupakan pencetus logika matematika modern. Dialah yang memperkenalkan ide aljabar biner yang kini banyak digunakan dalam desain sirkuit computer dan perancangan jalur sakelar on/off.

(Sumber Ensiklopedi Tokoh Matematika 2008)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top