Purwakarta

Tuntutan Tidak Direalisasi, Ratusan Warga Purwakarta Blokir Jalan ke BCA

Cidahu.com – Kekesalan warga Desa Sukamaju Kecamatan Sukatani memuncak, beberapa tuntutan yang mereka ajukan tidak direalisasi. Imbasnya, mereka ramai-ramai memblokir akses jalan menuju perusahaan penambangan PT Bumi Cikepeul Abadi (BCA), Senin (2/11/2015).

Salah seorang perwakilan warga setempat, Subhan ZM (27) menuturkan, warga kesal dengan tuntutan tunjangan kesehatan yang tak kunjung direalisasi pihak perusahaan tambang batu yang sudah berdiri selama puluhan tahun tersebut. Selain menutup akses jalan warga juga menyandera truk yang keluar masuk perusahaan tersebut.

“Pihak perusahaan tak serius menanggapi tuntutan tunjangaan kesehatan warga Desa Sukamaju, meski sudah berulang kali mediasi,” katanya kepada Cidahu News.

Warga lainnya, Figih sugiarto (30) mengatakan, bersama warga lain sengaja menutup jalan karena selama ini pihak perusahaan hanya memberikan dampak negatif saja.

“Pihak perusahaan tidak serius dengan tuntutan yang kami ajukan karena selama ini kami hanya mendapatkan dampak negatifnya saja, selain debu juga susahnya sarana air bersih, bahkan area pertanian warga juga rusak akibat perusahaan tidak mengeruk buangan limbahnya,” sambung Figih.

Sementara itu, setelah melalui proses negosiasi yang panjang, Camat Sukatani, Panji Sarjiman, langsung membacakan surat pernjanjian yang dibuat pihak perusahaan, didepan warga ia menuturkan akan bertanggung jawab sepenuhnya dengan tuntutan warga Desa Sukamaju.

“Saya akan bertanggungjawab sepenuhnya terhadap apa yang menjadi tuntutan warga Desa Sukamaju, saya juga sudah bertemu dengan pihak perusahaan dan memberikan jangka waktu satu minggu kalau tak direalisasi saya akan mempersilahkan warga untuk menutup jalan tersebut,” ujar Camat. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top