Purwakarta

Belajar Diluar Kelas, SDN 18 Nagri Kaler Purwakarta Kunjungi Kota Tua

Cidahu.com – Raut wajah Ega Litundzira terlihat sumbaringah. Keceriaan menyelimuti anak berusia 7 tahun yang masih duduk di kelas 1 SDN 18 Nagri Kaler Purwakarta tersebut. Betapa tidak, Ega bersama puluhan temanya pagi kemarin mau berangkat studi tour, dalam rangka belajar diluar kelas, ke Kota Tua di Jakarta, Rabu (4/11/2015).

Yang paling mengesankan bagi mereka adalah perjalanan ke ibu kota itu menggunakan kereta api, beberapa diantaranya ini merupakan pengalaman pertama naik kereta api. “Enak yah, soalnya jarang-jarang kita naik kereta api,” kata Ega.

Menurut salah seorang Guru di SDN 18 Nagri Kaler, E. Fatimah, S.Pd sekolah secara rutin melakukan kegiatan belajar diluar kelas, satu kali dalam sebulan, hal itu bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas para siswa, kali ini tujuannya, tempat-tempat bersejarah di Kota Tua, Jakarta.

Selama ini, lanjut Bu Guru, sering muncul anggapan yang salah bahwa proses belajar mengajar harus selalu berada di dalam kelas. Belajar diluar kelas dianggap bukan proses belajar mengajar dan sekedar sebagai suatu permainan belaka.

“Anggapan semacam ini sebenarnya perlu diluruskan karena seiring diberlakukannya tuntutan pembelajaran yang pembelajaran kktif inovatif kreatif efektif dan menyenangkan, maka dari itu kita harus pandai-pandai dalam mencari terobosan baru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang memacu siswa agar lebih berprestasi,” ujarnya.

Fatimah, mengungkapkan, siapapun dari kita yang terlibat dalam Proses Belajar Mengajar (PBM) entah itu siswa atau guru, kadang mengalami kejenuhan dalam proses belajar mengajar. Rasa jenuh dan bosan ini salah satunya disebabkan oleh karena tempat belajar belajar yang monoton pada satu tempat saja yaitu di dalam kelas.

“Padahal selain di kelas banyak sekali tempat-tempat lain di lingkungan sekolah yang bisa dijadikan sarana untuk belajar mengajar, misalnya, di ruang perpustakan, lapangan olahraga, lab. multimedia, mushola, taman sekolah, dan lain sebagainya,” bebernya.

Selain untuk mengatasi kebosanan dan kejenuhan dalam belajar, maka proses belajar mengajar di luar kelas bisa meningkatkan motivasi siswa dalam belajar.

“Kita semua tahu bahwa kunci utama dalam keberhasilan pembelajaran terletak pada motivasi baik guru dan siswa. Motivasi bisa turun bila tak ada variasi dalam pembelajaran, variasi juga rendah bila tempat pembelajaran juga monoton hanya dalam kelas saja,” kata Fatimah.

Maka dari itu, lanjutnya, tak ada salahnya untuk kembali membangkitkan agar siswa kembali bersemangat dan termotivasi dalam pembelajaran maka guru mencoba variasi pembelajaran dilakukan di luar kelas.

“Dengan berwisata ke Kota Tua, kita harap para siswa lebih mengenal sejarah tentang bagaimana Indonesia, atau Jakarta khususnya, pada jaman dahulu,” pungkasnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top