Purwakarta

Di Bale Panyawangan, Foto “Berbicara” Tentang Masa Lalu Purwakarta

Bale Panyawangan

Cidahu.com – Satu lagi destinasi wisata dalam kota dimiliki Kabupaten Purwakarta yang terletak tak jauh dari Stasiun KA Purwakarta. Adalah Bale Panyawangan Diorama Purwakarta yang menyajikan beragam literatur sejarah. Disana pun, ratusan foto “berbicara” tentang masa lalu Purwakarta.

Kepala Kantor Arsip Purwakarta, Nina Meinawati, mengungkapkan, hingga medio November 2015, sebanyak 15000 orang telah berkunjung ke Diorama ini. Para pengunjung berasal dari sejumlah wilayah di Indonesia diantaranya Jawa Barat, Semarang, Sleman, hingga Bukit Tinggi.

“Pengunjung ke Diorama ini dari berbagai lapisan masyarakat mulai pelajar, anggota DPRD hingga birokrasi,” jelasnya kepada Wartawan, belum lama ini.

Di Diorama Build, sebut Nina, pengunjung menikmati keragaman literatur sejarah Purwakarta dari masa ke masa. Dipenghujung lawatan, lanjut dia, pengunjung bisa menikmati sepeda onthel yang terkoneksikan ke layar monitor. Si pengayuh ontel seakan diajak berkeliling Purwakarta.

“Asyik juga, rupanya butuh waktu 10 menit kita bisa tahu kota ini,” ujar Deni, satu pengunjung.

Di ruang belakang juga terdapat area foto bersama Bupati Purwakarta. Dipandu pegawai diorama yang ramah, pengunjung ditawari. ” Mau berfoto sama Pak Bupati?,” sapa pegawai ke pengunjung.

Cukup mudah, pengunjung diarahkan berdiri menghadap monitor digital lalu, jepret. Pada layar monitor muncul gambar Bupati Purwakarta yang sudah terkoneksikan dengan pengunjung depan layar. Hasilnya, seakan photo beneran. Kita diphoto berdampingan dengan orang nomor satu di Purwakarta. “Asyik juga,” ujar Deni.

Menurut Nina, seluruh layanan di Diorama ini diberikan untuk masyarakat secara gratis. Termasuk oleh oleh photo bersama Bupati Purwakarta tak dipungut biaya. “Masuk dan menikmati wisata diorama ini gratis,” tegasnya.

Untuk menambah kelengkapan ornamen diorama, sambung Nina, pada 2016 mendatang akan dipasang digital book berfungsi mencatat dan menyimpan pengunjung diorama. Layanan serupa hanya ada di Kantor Arsip Nasional. “Kita mengadopsi arsip nasional,” ujarnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top