Purwakarta

IPPM Purwakarta Segera Gelar Pertemuan Pimpinan Ponpes

Ponpes Al-Muhajirin Purwakarta

Cidahu.com – Ikatan Pondok Pesantren dan Madrasah (IPPM) Purwakarta dalam waktu dekat akan menyelenggarakan silaturahmi para pimpinan pondok pesantren dan pimpinan pengelola madrasah se Kabupaten Purwakarta.

“Rencananya kami akan laksanakan pada tanggal 10 Januari 2016 mendatang, tempatnya di alun-alun Kecamatan Plered,” kata Asep Murtadlo, Ketua IPPM Purwakarta, Selasa (1/12/2015).

Pesantren dan madrasah kata dia, adalah kekuatan kultural dalam mensyiarkan dan mengembangkan agama islam. Dengan begitu perlu konsolidasi untuk membentuk soliditas antara para pengurus pimpinan Ponpes dan madrasah yang ada di Purwakarta.

“Selama ini ponpes lebih cenderung konsen ditatanan pengajian saja. Padahal pesantren itu sebagai kekuatan kultural masyarakat pedesaan dan kota. Perlu usaha bersama-sama antar para pimpinan pesantren dan madrasah di Purwakarta untuk menjaga kultur ini,” jelas dia.

Dalam silaturahmi akbar tersebut, rencananya juga akan diselenggrakan pengajian akbar dan silaturahmi para santri melalui perlombaan keterampilan santri. Rencana tersebut, di sambut baik oleh Camat Kecamatan Plered.

“Selain itu kami akan menindak lanjuti program penawaran dari Bupati Purwakarta soal menerjemaahkan kitab kuning ke dalam bahasa Indoneaia yang akan di jadikan muatan lokal di sekolah-sekolah formal. Karena ini merupakan program yang baik dan bermanpaat untuk umat dan semoga menjadi percntohan untuk daerah-daerah lain di Jabar, sebagai nomenklatur berbangsa dan beragama,” jelas dia.

Dari kalangan pesantren kata dia, akan selalu mendukung program kepala daerah Kabupaten Purwakarta.

“Setelah peringatan hari santri kemarin, Bupati Purwakarta menyatakan akan selalu mendukung Ponpes dan Madrasah. Dan program penerjemahan kitab kuning ini, merupakan program dan awal dari kebangkitan pondok pesantren kyai dan santri di Purwakarta,” tutup dia. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top