Purwakarta

Tokoh NU Bakal Bicara Islam Nusantara

KH Moqsith Ghazali

Cidahu.com – Ditengah konflik opini sampurasun Vs campuracun antara Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi dan Ketua FPI Rizieq Syihab, tokoh NU pusat KH Muqsith Gozali diagendakan hadir ke Purwakarta pada, Minggu (6/12) mendatang.

Dosen pascasarjana STAINU Jakarta ini bakal berbicara panjang lebar di hadapan pengurus dan kader NU Purwakarta tentang Islam Nusantara. Tema ini menjadi menarik apalagi kemunculannya terhitung baru dan mendapat pro dan kontra di masyarakat.

“Kita ingin kampanyekan konsep Islam Nusantara paling tidak untuk pengurus dan kader NU,” ucap Ketua Ikatan Sarjana NU Purwakarta, Ramlan Maulana, kemarin.

Menurutnya, kehadiran KH Muqsith diharapkan mampu memberi pencerahan kepada warga NU, khususnya terkait konsep Islam Nusantara yang oleh alm Abdurahman Wahid atau Gusdur disebut Pribumisasi Islam. Dimana, Islam dilihat dari perspektif Indonesia.

“Kita juga ingin mengukur sejauh mana keterpautan Islam dengan budaya lokal nusantara,” beber Ramlan.

Meski demikian, Ramlan membantah kuliah tersebut dilaksanakan sebagai respon perang opini antara pimpinan FPI Habib Rizieq dengan Bupati Dedi terkait pemelesetan sampurasun menjadi campuracun. Sebaliknya murni kegiatan internal NU. “Gak lah, ini murni kuliah NU,” tandas Ramlan.

Diketahui, hampir dua pekan ini Purwakarta diramaikan perang opini tentang sampurasun yang diplesetkan pentolan FPI, Habib Rizieq Syihab menjadi campuracun. Akibatnya, Rizieq hingga dilaporkan pentolan AMS (Angkatan Muda Siliwangi) ke Polda Jawa Barat. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top