Purwakarta

KPU : Pilkada Purwakarta 9 Juni 2018

KPU : Pilkada Purwakarta 9 Juni 2018

Cidahu.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purwakarta menegaskan, untuk pelaksanaan Pilkada Purwakarta masuk dalam Kluster III Pemilukada Serantak yang akan digelar 9 Juni 2018 mendatang.

“Untuk tahapannya sudah dimulai satu tahun sebelumnya,” kata Ketua KPU Purwakarta Deni Ahmad Haidar dalam Workshop Kepemimpinan yang digelar DPC PPP Purwakarta di Hotel Intan, Kamis (10/12/2015).

Menurutnya, partai politik sebagai ujung tombak partisipasi pemilih harus sudah sejak jauh hari mensosialisasikan segala sesuatu yang berkaitan dengan partisipasi dalam hajatan Pemilu maupun Pemilukada.

“Kaitannya dengan partisipasi pemilih dalam pemilu, ada hal-hal yang diluar jangkauan penyelenggara, dalam hal ini peran Parpol dituntut lebih maksimal dalam mengajak masyarakat (minimal kadernya) untuk menggunakan hak pilih dalam setiap hajatan Pemilu,” bebernya.

Ketua KPU juga mengatakan, bahwa partai itu pintu utama dalam menjaring kepemimpinan di negeri ini, karena faktanya rakyat hanya memilihkan calon yang sudah dipilih partai.

“Jadi posisi partai sangat strategis. Jika partai gagal menjaring calon terbaik maka bisa dibayangkan kedepanya seperti apa,” ujarnya.

Deni melihat, ada kecenderungan dimasyarakat yang sudah melek politik justru partisipasinya dalam pemilu malah semakin menurun, demikian rata pendapat yang berkembang.

“Makanya kita harus bekerja keras membuktikan bahwa melek politik dibuktikan dengan tingkat partisipasi yang tinggi. Sebab demokrasi bukan hanya partisipasi dipangkal dan di tengah melalui wacana-wacana tapi juga dibuktikan dengan datang ke TPS dan ikut memilih,” imbuhnya.

Menutup, Deni mengatakan pada Pemiluka Purwakarta kedepan, karena hampir seluruh komponen kampanye diserahkan pada KPU, maka anggaran yang diperlukan juga lebih tinggi dari Pemilukada sebelumnya.

“Untuk pelaksanaan Pemilukada Purwakarta kedepan dibutuhkan anggaran sekitar Rp44,5 miliar, kalau idealnya sih Rp45 miliar,” pungkasnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top