Purwakarta

Puluhan Hektar Terendam Banjir, Benih Padi Terancam Membusuk

Puluhan Hektar Terendam Banjir, Benih Padi Terancam Membusuk

Cidahu.com – Hujan yang mengguyur wilayah Kecamatan Plered beberapa hari terakhir ini, sebabkan puluhan hektar sawah milik warga Desa Cibogogirang dan Cibogohilir terendam banjir, akibatnya padi yang baru ditanam para petani terancam membusuk.

Bah Enur (50), Petani di Desa Cibogagirang mengatakan, sudah beberapa tahun kebelakang sungai Cisadang mengalami pendangkalan, sehingga air yang mengalir dimusim penghujan masuk ke area pesawahan warga Desa Cibogogirang dan Cibogohilir.

”Beberapa tahun terakhir ini sering seperti ini soalnya sungai sekarang dangkal dulunya hampir tiga meter dalamnya sekarang paling setengah meter. Benih padi yang sudah ditanam dikhawatirkan rusak dan membusuk akibatnya kita mengalami kerugian,” katanya kepada Cidahu News, Minggu (13/12/2015).

Dia berharap agar pemerintah daerah melalui intansi terkait bisa meninjau kembali aliran bendungan Cisadang. Pemerintah dimintah mengatasi pendangkalan sungai agar kedepa tidak terjadi banjir yang mengakibatkan para petani mengalami kerugian.

“Saya bersama petani lain mengharapkan peran serta pemerintah serta dinas terkait agar melihat langsung ke lapangan jangan sampai tiap tahun kami mengalami banjir,” harapnya.

Terkait hal diatas, Sekretaris Desa Cibogogirang Ujang Efendi mengatakan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah desa lain untuk menangani banjir yang tiap tahunnya terjadi wilayah perbatasan tersebut.

“Sebagian itu masuk wilayah Cibogohilir namun banjir masuk juga kewilayah kami, namun kami akan berkoodinasi baik dengan pihak Desa Cibogohilir maupun Ganda Mekar untuk menanggulangi pendangkalan dan akan menyisir sungai tersebut agar kedepan tidak ada lagi sawah warga yang terendam banjir,” pungkasnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top