Purwakarta

Jelang Natal dan Tahun Baru Harga Sayuran Melambung

Jelang Natal dan Tahun Baru Harga Sayuran Melambung

Cidahu.com – Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2016, harga sayuran dan rempah disejumlah pasar tradisional di Purwakarta merangkak naik. Pada jenis rempah tertentu, kenaikannya bahkan mencapai 100 persen.

Dari pantauan Wartawan di Pasar Plered dan Pasar Bendul Sukatani, Minggu (20/12/2015). Sejumlah pedagang dikedua pasar tersebut mengeluhkan harga-harga yang mulai melambung sejak dua pekan terakhir, khususnya rempah jenis bawang dan sayuran.

“Semua jenis sayuran pada akhir tahun, naik 20 persen dari harga sebelumnya, yang paling signifikan adalah bawang merah yang harga awalnya Rp20.000 menjadi Rp30.000 dan bawang daun yang awalnya Rp10.000 naik menjadi Rp20.000 perkilonya naik hampir 100 persen dari harga biasanya,” ujar Tirta (40) pemilik kios sayuran di pasar yang berlokasi tidak jauh dari Kantor Kecamatan Pered.

Hal yang sama juga dirasakan sejumlah pedagang yang berada Pasar Bendul Kecamatan Sukatani, mereka mengaku dalam dua pekan terakhir, sejumlah kebutuhan terutama komoditas sayuran harganya tidak terkendali dan terus melambung.

Parid (19) seorang Pedagang di Pasar Bendul Sukatani menuturkan, melonjaknya harga sejumlah komoditas sayuran, selain menjelang libur panjang, faktor cuaca juga sangat berpengaruh dalam kualitas sayuran tersebut.

“Semua harga naik terutama cabe rawit harganya naik hampir 30 persen dari harga awal, mungkin karena menjelang tahun baru jadi semua naik. Juga cuaca berpengaruh ke sayuran sekarang musim hujan, jadi ke sayuranya gampang busuk terutama kol dan tomat,” beber Parid.

Dia menambahkan, meskipun akhir-akhir ini sejumlah kebutuhan harganya melambung tinggi namun tidak berpengaruh dalam pendapatan usahanya. “Untuk konsumen saya sendiri tidak surut masih tetap membeli karena ini kebutuan pokok tiap hari,” pungkasnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top