Purwakarta

Ibu, Elemen Penting Tiap Jaman

Gugun Gumilar bersama Ibunda, Hj. Siti Mariam

Cidahu.com – Memaknai Hari Ibu kali ini, Eksekutif Direktur The Institute of Democracy and Education (IDE) Gugun Gumilar mengungkapkan, seiring dengan perkembangan teknologi dan informasi, emansipasi wanita tetap merupakan suatu hak yang layak untuk diperjuangkan, namun tidak boleh kebablasan.

“Kaum perempuan Indonesia sebagai salah satu elemen penting dalam kehidupan juga ikut memiliki peran dalam dunia teknologi dan komunikasi, entah itu sebagai pengguna maupun lebih jauh lagi sebagai pengembang,” kata Gugun melalui sambungan selulernya kepada Cidahu News, Selasa (22/12/2015).

Menurutnya, seiring dengan perkembangan jaman peran wanita yang mayoritas sebagai ibu, dalam kehidupan semakin kompleks dan penting, ketika dulu wanita dikenal hanya sebagai konco wingking (dalam bahasa Jawa yang berarti teman dibelakang atau teman dirumah saja) namun kini pada perkembangannya wanita telah muncul menjadi sosok penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Hal ini terbukti bahwa banyak posisi-posisi penting di berbagai bidang yang dipegang oleh wanita, mulai dari pemerintahan, perusahaan, organisasi, dan lain sebagainya yang mana kesemuanya itu sudah barang tentu mengharuskan wanita untuk mengikuti perkembangan teknologi dan informasi,” bebernya.

Sejak dini, lanjut Tokoh Muda asal Desa Selaawi Kecamatan Pasawahan itu, kaum muda sudah harus dikenalkan dan diberi penjelasan terhadap batasan-batasan kebebasan dan hak mutlak yang harus dimiliki wanita.

“Sehingga, cara ini akan mampu memfilter kaum muda dari kebebasan tanpa arti sekaligus menyelamatkan kaum muda dari pengaruh kebebasan yang “kebablasan” yang banyak dipengaruhi oleh kemajuan teknologi,” tambahnya.

Gugun katakan berikutnya, kini, wanita bebas memperoleh pendidikan yang layak dan pada akhirnya perkembangannya wanita menjadi makin pintar dan makin mengenal teknologi informasi dan komunikasi (hal itu terlihat dari makin banyaknya tenaga ahli wanita), seperti wanita yang bekerja sebagai operator peralatan canggih di perusahaan maupun pemerintahan dan organisasi, wanita sebagai programmer, network administrator, design grafis, internet marketer, hingga astronot wanita dan masih banyak profesi lainnya.

“Selain itu dari sisi sebagai pengguna saat ini wanita juga makin menguasai perangkat canggih teknologi informasi seperti komputer dan gadget canggih lainnya. Itu adalah sedikit contoh dan bukti bahwa wanita telah berkembang maju dalam hal teknologi informasi,” jelasnya.

Menutup, Gugun mengatakan, seorang wanita sesuai perkembangan jaman sudah seharusnya melek teknologi, selain penting bagi dirinya sendiri hal itu kelak juga akan penting bagi keluarga dan anak-anaknya kelak.

Peranan seorang wanita sebagai guru pertama bagi anak-naknya harus mampu mengakomodir kebutuhan pengetahuan anak-anaknya terkait dengan perkembangan dunia, dimana perkembangan dunia dalam berbagai bidang tersebut akan sangat efektif diikuti dengan mengandalkan perkembangan teknologi informasi.

“Disinilah salah satu peran wanita untuk mengenalkan dunia teknologi informasi bagi keluarga dan anak-anaknya dengan cara yang benar,” pungkasnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top