Purwakarta

Mahasiswa Purwakarta Gulirkan Program Satu Orang Satu Pohon

Mahasiswa Purwakarta Gulirkan Program Satu Orang Satu Pohon

Cidahu.com – Puluhan aktivis mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Purwakarta (Permata) implementasikan gerakan melestarikan lingkungan dengan program One Man One Tree (Satu Orang Satu Pohon) di Desa Guruduk Kecamatan Pondoksalam, belum lama ini.

Ketua Permata Purwakarta, Riza Solehudin dalam keterangannya mengatakan, rusaknya kondisi lingkungan yang berakibat pada suhu udara yang ekstrim dirasakan oleh semua manusia.

“Oleh karena itu, menjadi kewajiban kita semua untuk memperbaiki kondisi yang sudah rusak tersebut. Fungsi pohon sebagai penyuplai oksigen belum tergantikan sampai dengan saat ini dan sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia,” katanya kepada Cidahu News.

Menurutnya, dari berbagai referensi, didapat manfaat dari menanam pohon akan dapat mengurangi efek rumah kaca, pepohonan yang di tanam disekitar rumah dapat meningkatkan kualitas air tanah, membersihkan udara yang kita hirup.

“Selain itu, saat ini kondisi bumi yang semakin panas akibat dari pemanasan global dan lainya, beberapa manfaat yang di rasakan dari pohon sangat memiliki nilai bagi kehidupan kita sehari-hari,” imbuhnya.

Pertanyaannya, sudahkah di lingkungan kita di tanami pohon? Dengan memaksimalkan gerakan One Man One Tree itu berarti kita telah menanam sesuatu untuk genersi penerus bangsa, dari tradisi menanam pohon.

Hal ini bukan saja tradisi, tapi diharapkan juga adanya perhatian pemerintah dalam bentuk perencaaan rencan tata ruang dan wilayah yang berbasis lingkungan, tapi gerakan ini juga berkaitan dengan gerakan menyelamatkan bumi.

“Jika bukan kita yang memulai, siapa lagi? Jika bukan sekarang memulai, kapan lagi? Jika bukan di bumi kita, dimana lagi?” tuturnya.

Maka dari itu, pihaknya dan Aliansi Mahasiswa Purwakarta, yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Purwakarta (Permata) mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Purwakarta khususnya Desa Gurudug Kecamatan Pondoksalam untuk bersama-sama melestarikan alam sekitar. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top