Kampus

PJT II Jatiluhur Latih Puluhan Penggiat UKM

PJT II Jatiluhur Latih Puluhan Penggiat UKM

Cidahu.com – Menutup tahun 2015, Perum Jasa Tirta (PJT) II Jatiluhur bekerjasama dengan STIE Muttaqien Purwakarta gelar pelatihan Program Kemitraan Bina Lingkungan (PKBL) Tahap II yang diikuti puluhan penggiat Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berasal dari Purwakarta, Subang dan Karawang (Purwasuka) di Graha Citarum PJT II Jatiluhur, Senin (28/12/2015).

Dalam pemaparannya, Kepala Unit PKBL PJT II, Kaswa, SE, MM mengatakan dasar dari pelaksanaan Pendidikan Pelatihan Mitra Binaan PJT II Tahun 2015 Tahap II ini adalah UU 19/2003 Tentang BUMN.

“Hal ini merupakan bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat, khususnya terhadap UKM agar berkembang dan menjadi tangguh. Serta lebih memberdayakan usaha kecil menjadi soko guru perekonomian nasional guna memperkokoh perekonomian nasional,” beber Kaswa.

Menurutnya, dengan motto Berkembang dan Berbakti, PJT II tidak melulu mencari untung dalam kontek bisnis, tapi juga dalam ranah sosial kita upayakan dapat berperan aktif. Dia menyebutkan bahwa program pelatihan wirausahawan ini merupakan salah satu program andalah PKBL PJT II yang telah memasuki tahap kedua. “PJT II bekerjasama dengan STIE Muttaqien melaksanakan pelatihan PKBL untuk kedua kalinya,” imbuhnya.

Dengan pelatihan ini, pihak PJT II berharap dapat lebih berperan aktif dalam pelaksanaan bina lingkungan. Selain itu, semoga PJT II mampu menjalankan program bina lingkungan secara konsisten, khususnya program pengembangan para wirausahawan khususnya di wilayah sekitar.

Sementara itu, salah satu pemateri dari STIE Muttaqien Purwakarta, Agus Selamet, SE, ME.i pada uraian materi Membangun dan Mengembangkan Wirausaha 2016 mengetengahkan sejumlah teori persepsi dalam pengembangan wirausaha. “Sebelum memulai mengembangkan usaha, maka hal yang terpenting adalah pemahaman kita akan prodak yang akan menjadi bisnis inti,” urai Agus.

Pemateri lainnya, Ade Nurhayati. K menyampaikan Strategi Promosi dan Pelayanan Pelanggan Bagi UKM. Menurut Ade Nurhayati, ada beberapa hal yang salah dalam promosi UKM diantaranya, promosi tidak direncanakn dengan matang, meniru promosi perusahaan besar yang sudah mapan.

“Selain itu banyak pelaku UKM tidak melakukan riset pasar, tidak memahami kebutuhan konsumen, komunikasi yang kurang baik dan respon yang lambat,” papar Ade. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top