Kampus

YPI Muttaqien Lepas Ratusan Sarjana

YPI Muttaqien Lepas Ratusan Sarjana

Cidahu.com – Menutup akhir tahun 2015, Yayasan Pendidikan Islam (YPI) Muttaqien mewisuda 283 sarjana dari berbagai latarbelakang keilmuan yang berasal dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Muttaqien dan Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Muttaqien.

“Ini merupakan wisuda ke 21 di STAI dan ke 7 di STT, adapun rincian wisudawan dari STAI pada program studi Pendidikan Agama Islam (PAI) sebanyak 141 orang dan program studi Ahwal al Syakhshiyah (Syari’ah) sebanyak 15 orang sementara dari STT terdiri dari prodi Teknik Mesin 10 orang dan Teknik Elektro 17 orang,” kata Ketua Panitia Wisuda, Dede Supendi kepada wartawan, Selasa (29/12/2015).

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua STAI Muttaqien Purwakarta, Manpan Drajat mengatakan, ada tiga perasaan yang bergejolak pada dirinya, yakni perasaan bahagia, sedih, dan khawatir. Bahagia, karena telah mengantarkan para mahasiswa menjadi sarjana di STAI Muttaqien.

Sedih karena, mungkin tidak akan atau jarang bertemu dengan para mahasiswa yang selama 4 tahun atau lebih telah bersama di kampus untuk menimba ilmu dan khawatir, karena tantangan zaman kedepan tentu tidaklah mudah untuk dihadapi.

“Tantangan di depan mata misalnya, MEA, yang tinggal beberapa hari lagi. Tetapi kekhawatiran itu tidak menutup harapan saya yang besar, karena para wisudawan sudah dibekali paling tidak selama kuliah di STAI Muttaqien ini telah dibekalai oleh, quwwatul al ilm (power and profound of knowledge). Kekuatan ilmu, yaitu ilmu yang luas dan dalam,” beber Manpan.

Pihaknya percaya, bahwa ilmu adalah kekuatan. 160 sks setara dengan 246 Jam. Sementara quwwatu al amal (the power of applied knowledge) adalah kekuatan yang benar-benar menjadi kekuatan apabila melahirkan perbuatan atau tindakan.

“Dan quwwatul al jihad (strong working ethic) atau kekuatan jihad, kekuatan yang ketiga ini sesungguhnya menjadi penentu kesuksesan seseorang. Kekuatan jihad merupakan elemen utama dalam apa yang sekarang dinamakan keterampilan lunak (soft skill),” imbuhnya.

Acara wisuda yang digelar di Graha Vidya Jatiluhur itu dihadiri oleh perwakilan kopertais dan kopertis, Asda 2 Setda Purwakarta, Muspida dan OPD Purwakarta serta tamu undangan lainnya. (CN-01)

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top