Purwakarta

Longsor di Cileutik Rusak Sawah Warga

Longsor di Cileutik Rusak Sawah Warga

Cidahu.com – Hampir sepekan diguyur hujan, dua lokasi di Kampung Cileutik Desa Mekar Sari Kecamatan Darangdan terjadi longsor, Rabu (30/12/2015) malam lalu. Selain merusak bahu jalan penghubung dua kecamatan, longsor juga merusak sawah warga yang baru ditanami.

Bibib (55) warga setempat, pemilik tanah yang terbawa longsor menuturkan, tiga petak sawah miliknya yang baru ia tanami terbawa longsor, selain tanah miliknya berada dibawah tebing yang kategori tanah yang labil, ditambah faktor cuaca yang menjadi alasan tanah jadi longsor.

“Sawah saya yang baru ditanami padi tertutup longsor. Mungkin karena faktor cuaca dan hujan terus menerus jadi tanah amblas, soalnya sawah saya berada dibawah tebing yang longsor,” ungkap Bibib kepada Wartawan.

Pemerintah setempat sambung dia, sudah terjun ke tempat terjadinya longsor dan meminta agar warga yang berada disekitar agar tetap waspada ketika musim hujan, warga juga sudah meminta dicarikan solusi agar tidak terjadi bencana longsor susulan.

“Kemarin juga ada yang datang dari Pemda, melihat bencana alam tersebut, mudah-mudahan pemerintah secepatnya mencari solusi untuk pembenahan agar tidak terjadi longsor susulan,” bebernya.

Warga lainnya, Yeti (45) mengatakan faktor cuaca yang tidak menentu mengakibatkan ia serta masyarakat sekitar dihantui kehawatiran bencana longsor susulan.

“Dengan adanya bencana ini, saya khawatir ada longsor susulan, apa lagi akhir-akhir ini cuaca tidak menentu kadang panas juga hujan yang barengi angin kencang,” ujarnya dengan nada cemas.

Dihubungi terpisah Kepala Dusun 1 Desa Mekar Sari, Tedi (32) menjelaskan pihak pemerintah desa sudah berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan sudah mengajukan perbaikan serta meminta agar masyarakat tetap waspada.

“Untuk masyarakat Kampung Ciletik juga wilayah sekitar agar bersabar karena, kemarin sudah dikontrol oleh pihak Kecamatan Darangdan guna penanggulangan longsor tersebut dan akan segera mencari solusi agar tidak ada longsor susulan diantaranya sudah kami ajukan untuk membangun TPT,” pungkasnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top