Purwakarta

Menteri Desa Tinjau Produk UBK Bumegah

Menteri Desa Tinjau Produk UBK Bumegah

Cidahu.com – Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi RI, Marwan Jafar meninjau Usaha Berbasis Komunitas (UBK) yang dikembangkan warga Desa Bunder dan Desa Mekargalih (Bumegah) Kecamatan Jatiluhur, Kamis (7/1/2016).

Selain Menteri, mendampingi pula sejumlah Dirjen terkait di kementrian tersebut. Termasuk hadir pula unsur Muspika seperti Camat Jatiluhur Rahmat Heriansyah, Kapolsek Kompol Essa, Danramil serta unsur desa setempat.

Dalam sambutannya, Menteri Marwan, menjelaskan UBK merupakan program Kementerian Desa. UBK berusaha mengakomodir dan mendorong usaha masyarakat untuk tujuan kesejahteraan bersama.

“Dan kebetulan, UBK Bunder-Mekargalih (Bumegah) ini produknya berupa sabun yakni sabun cair, serbuk dan colek,” ujarnya.

Marwan menilai, produk UBK cukup bagus tak tidak kalah dengan produk sabun lain yang sudah beredar di pasaran. Meski demikian, agar lebih memasyarakat, perlu dukungan semua pihak. Pemerintah, pengelola juga masyarakat. “Lalu, perlu diperhatikan juga sistem promosinya,” tandasnya.

Marwan menjelaskan, di tahun 2016 se Indonesia baru ada 100 UBK. Untuk membangun jejaring pemasarannya, nanti bakal dilaksanakan pameran produk UBK tingkat nasional. Dengan begitu, produk setiap UBK dapat menasional. “Produk UBK harus mampu bersaing, apalagi kita akan menghadapi MEA. Dan saya percaya UBK bisa,” ujar Marwan.

Usai meninjau UBK, Menteri Marwan meneruskan lawatannya ke Desa Mekargalih melihat hasil pembangunan desa melalui program Dana Desa (DD). Sebelumnya, Marwan juga memberi arahan kepada 192 kades dan lurah se Purwakarta di Pendopo Purwakarta. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top