Purwakarta

Menteri Desa Minta Pemprov Jabar Umumkan Hasil Seleksi Pendamping Desa

Menteri Desa Desa Pemprov Jabar Umumkan Hasil Seleksi Pendamping Desa

Cidahu.com – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia (RI), Marwan Jafar mengkritisi kinerja Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ahmad Heryawan yang lambat mengumumkan pendamping desa yang lolos tes.

Seperti diketahui, 28 Desember 2015 Pemprov Jabar menyeleksi pendamping desa sebanyak 2400 orang dengan kuota 600 orang. Namun, hingga kini pengumuman pendamping desa ini belum kunjung diumumkan.

Untuk itu, Ia pun mendesak Pemprov Jabar segera mengumumkan hasil seleksi pendamping desa. Sebab hasil seleksi tempo hari, sudah diserahkan Kemendesa ke Jabar, Senin lalu.

“Enggak tahu itu gubernur Jabar bagaimana, kalau dia (gubernur) lambat terus kaya gini, ya enggak selesai-selasai,” ujar menteri di Gedung Negara Pemkab Purwakarta, Kamis (7/1/2016).

Peran pendamping desa menurutnya sangat penting. Terutama untuk mempermudah perangkat desa mengelola dana desa. Kemudian juga sebagai pengawas.

“Itu kan amanat undang-undang desa, kami sudah kirim tim segala untuk minta kejelasan terkait pendampoing desa ini, anda tahu sendiri lah gubernurnya bagaimana, ini sangat menghambat soalnya,” ujar dia.

Saking geram, ia mengancam akan menarik dana desa dari seluruh desa di Jabar. “Ini menghambat, kalau begini terus, lama-lama kami akan tarik lagi dananya, kami akan intervensi,” ujar menteri.

Dana desa kata dia, membutuhkan pendamping desa untuk memudahkan perangkat desa mengelola dana desa. “Karena itu amanah undang-undang, jadi harus segera diumumkan dong,” ujarnya. (CN-01).

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top