Purwakarta

Musim Hujan, Petani Darangdan Pilih Tanam Sayuran

Musim Hujan, Petani Darangdan Pilih Tanam Sayuran

Cidahu.com – Karena lokasi sawah yang berdekatan dengan sungai, di musim penghujan sering terendam air. Untuk itu petani di Desa Mekarsari Kecamatan Darangdan, lebih memilih menanami sawah meraka denga sayuran, seperti kacang panjang dan kangkung.

“Selain itu masa tanam sayuran cukup singkat, dalam tempo 30 hari, kita sudah bisa mengambil hasil dari sayuran kacang panjang dan kangkung,” kata Icih (60) petani setempat kepada wartawan, Minggu (17/1/2016).

Menurutnya, dimusim penghujan seperti sekarang ini sangat bagus menanam sayuran seperti kacang panjang dan kangkung, konsumsi air untuk tanaman sayuran bisa terpenuhi oleh curah hujan yang cukup tinggi.

“Sawah saya berdekatan dengan sungai apabila ditanami padi takutnya malah terendam air. Kalau di tanami sayuran selain dapat di panen lebih singkat juga bisa untuk menutupi kebutuhan,” ujarnya.

Icih mengungkapkan, hasil panen sayuran cukup menguntungkan, harga kacang panjang dijual dengan harga Rp1.500 perkilo dan kangkung Rp600 perikat. Jika intensitas curah hujan terus meningkat dia akan terus menanmi sawahnya dengan sayuran.

“Mudah-mudahan saja harga sayuran terus stabil tidak ada penurunan, kalau bisa malah naik,” harapnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top