Ekonomi

BPS Purwakarta Rekrut Ribuan Petugas Sensus Ekonomi

BPS Purwakarta Rekrut Ribuan Petugas Sensus Ekonomi

Cidahu.com – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Purwakarta, Asep Riyadi, S.Si, MM, hingga kini masih mempersiapkan kebutuhan petugas lapangan yang untuk Sensus Ekonomi 2016 yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang.

“Untuk itu, BPS Purwakarta, membutuhkan sedikitnya 1080 petugas untuk melaksanakan Sensus Ekonomi 2016,” katanya, kepada wartawan di Kantor BPS Purwakarta di Jalan Baru Maracang, Senin (18/1/2016).

Menurutnya, sensus ekonomi kali ini merupakan yang ke-empat sejak tahun 1986. Sensus ekonomi digelar setiap tahun dengan angka akhiran 6, yaitu 1986, 1996, 2006 dan tahun ini 2016.

“Sensus ekonomi adalah sensus yang akan mendata seluruh kegiatan ekonomi kecuali sektor pertanian, di seluruh wilayah Indonesia termasuk Purwakarta,” tutur Asep.

Dia katakan berikutnya, output dari sensus ekonomi, nantinya akan dijadikan data referensi pembangunan pemerintah dan itu dapat diakses masyarakat. Sensus ekonomi menggunakan dua metoda pengambilan data yaitu melalui sensus murni dan melalui sampling. Sensus murni akan dilakukan untuk wilayah perkotaan, sedangkan metoda sampling akan dilakukan untuk daerah pedesaan yang mayoritas penduduknya bekerja pada sektor pertanian.

“Output melihat struktur perekonomian Purwakarta, itulah basis data yang sangat lengkap data perekonomian sehingga akan diperoleh basis data yang akurat,” timpalnya.

Untuk memulai sensus ekonomi hingga kini BPS melakukan perekrutan petugas yang akan terjun ke lapangan pada Mei. BPS membutuhkan sedikitnya 1080 petugas yang akan melakukan sensus ekonomi.

“Kemudian kami di Purwakarta sedang dalam persiapan SE 2016 tenaga yang dibutuhkan tidak kurang dari 1080 orang, saat ini dalam tahap rekrutmen,” pungkasnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top