Purwakarta

Diintai Banjir, Petani Darangdan Mulai Musim Tanam

Diintai Banjir, Petani Darangdan Mulai Musim Tanam

Cidahu.com – Dibawah ancaman bencana banjir yang bakal merendam sawah mereka, para petani di Desa Mekarsari Kecamatan Darangdan tetap nekat memulai musim tanam pertama ditahun ini.

“Sebagian petani disini, pada musim hujan seperti ini banyak beralih ke menanam sayuran, karena saya kurang menguasai masalah menanam sayura, saya tetap memililih menanam padi, mudah-mudah hujan yang terus-menerus, tidak mengakibatkan banjir dan merendam saya kita,” kata Amat Sunendri (50) petani setempat kepada Cidahu News, Rabu (20/1/2016).

Menurutnya, masalah air tidak begitu menjadi persoalaan pada musim tanam kali ini, karena curah hujan cukup tinggi. “Kita hanya khawatir saja sawah yang sudah kita tanami benih terendam banjir,” tuturnya.

Dia katakan berikutnya, menanam padi memang lebih membutuhkan waktu cukup lama namun untuk pengolahanannya cenderung lebih mudah. “Hasil penjualan gabah kering nantinya akan naik ketimbang sayuran atau yang lainnya sebab, beberapa bulan ke depan curah hujan akan meningkat dan gabah kering akan naik harganya karena susah didapat,” ungkapnya.

Sementara itu, petani setempat lainnya, Rukmala (55) menuturkan, sebelum di tanami benih, sawah harus dibajak terlebih dahulu agar sawah rata kembali setelah panen beberapah pekan kemarin. “Akhir-akhir ini hujan meningkat, itu bagus untuk dilakukan pembajakan sebab kontur tanah cukup lembek,” ujarnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top