Kampus

Pemda Purwakarta Ditantang Bangun Universitas

Haris Sopia Aji

Cidahu.com – Untuk menunjukan bahwa salah satu prioritas pembangunan di Purwakarta adalah pembangunan SDM melalui peningkatan kualitas pendidikan. Pemerintah Daerah ditantang untuk membuat universitas yang respresentatif di Purwakarta.

“Dengan tidak adanya lembaga pendidikan bertaraf universitas bagi para pelajar yang akan meneruskan ke jenjang perguruan tinggi, kita tantang Pemda untuk membangun universitas yang respersentatif di Purwakarta,” kata Ketua Generasi Muda Kesatuan Penerus Perjuangan Republik Indonesia (Garuda KPPRI) Kabupaten Purwakarta, Haris Sopia Aji, kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Menurutnya, konsepsi pendidikan berkarakter di Purwakarta, berjalan bertolak belakang dengan realita pendidikan bahwa di Purwakarta hingga saat ini belum memiliki universitas yang betul-betul disiapkan oleh pemerintah.

Tentu saja kata Haris, kebijakan pendidikan berkarakter terutama di wilayah pendidikan tinggi di Purwakarta merupakan hal yang paradoks. Karena pada kenyataannya di Purwakarta tidak berdiri universitas yang betul-betul dikelola untuk menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi yang sesuai dengan cita-cita Pemda Purwakarta.

“Saya lihat di Purwakarta ini lebih terfokus pada jurusan atau tenaga kependidikan seperti UPI Kampus Purwakarta, STKIP, STAI. Sehingga untuk lulusan tenaga kependidikan di Purwakarta cenderung overload,” kata Haris.

Untuk jurusan keahlian lain yang menjadi penopang SDA di Purwakarta sambung dia, terkesan diabaikan. Keahlian profesional seperti perikananan, pertanian, pariwisata, sosial dan humaniora jelas tidak ada. Padahal sambung dia, hari ini Pemda Purwakarta terus fokus berwacana tentang pariwisata serta pertanian, perikanan yang sesuai dengan kondisi geografis Purwakarta.

Pemerintah sambung dia, mestisnya mendorong adanya universitas yang berdiri dan di dirikan di Purwakarta. Sehingga sesuai dan akan menopang terlaksananya program pendidikan berkarakter yang di canangkn oleh Pemda Purwakarta.

“Kalau boleh saya berpendapat, sepertinya program pendidikan berkarakter tidak akan terwujud bila tidak adanya universitas yang berbasis kearifan lokal dan berkarakter di Purwakarta,” jelas Pria yang juga kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Purwakarta ini.

Sebagai warga Purwakarta sambung dia, ada kerinduan tersendiri bagaimana Purwakarta memiliki sarjana ataupun tenaga ahli yang dicetak di Purwakarta. Pihaknya mendorong agar pemerintah segera membangun universitas yang betul-betul respersentatif bagi pelajar Purwakarta.

“Dengan begitu kita tidak lagi tergantung kepada keberadaan lmbaga pndidikan tingggi yang ada di Bandung, Jakarta, ataupun Jogjakarta ketika berbicara pendidikan tinggi bertaraf nasional,” ujarnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top