Purwakarta

Proses “Normalisasi” AKD Masih Berjalan Panas

Komunikasi Politik di Dewan Berjalan Buruk, Paripurna AKD Berjalan Alot

Cidahu.com – Hingga kini, proses “normalisasi” penetapan AKD masih berjalan panas. Publik menilai penetapan alat kelengkapan dewan sebelumnya tidak proporsional. Ditenggarai sejumlah pihak ikut “bermain”.

Ketua DPRD Purwakarta, Sarif Hidayat meminta publik tidak hanya melihat hasil, tapi ada proses politik yang cukup rumit di lembaga wakil rakyat.

“Sebelum penetapan pimpinan sudah meminta agar pembagian AKD dibagi secara proporsional sesuai jumlah kursi yang dimiliki tiap fraksi. Lalu pada prakteknya, ada pihak-pihak tertentu yang “bermain” dan memperkeruh keadaan,” kata Sarif, kepada Cidahu News, Selasa (26/1/2016) lalu.

Tanpa menyebutkan pihak mana yang “bermain” dan memperkeruh penetapan AKD, sebagai pimpinan di DPRD Purwakarta, dirinya hanya menerima usulan nama-nama dari setiaf fraksi untuk mengisi jabatan-jabatan di AKD. “Dan hanya Golkar dan PDIP yang membagi habis anggotanya ada ditiap-tiap AKD,” ungkapnya.

Dihubungi terpisah, Ketua DPC PDIP Kabupaten Purwakarta, Acep Maman, terkait hal diatas mengatakan, partai sudah menugaskan dan menyerahkan sepenuhnya kepada pimpinan fraksi di dewan.

“Intinya kita sepakat jika dibagi secara proporsional, kami menghormati Fraksi Golkar sebagai partai pemenang di Purwakarta,” tuturnya.

Hal lain dikemukakan Anggota Fraksi PKB DPRD Purwakarta, Asep Saefudin Saeful Milah, menurutnya, inilah politik disadari atau tidak, komposisi AKD hari ini akan menjadi bumerang buat pimpinan, yang notabene dari Golkar.

“Mari kita lihat sejauh mana perubahannya kedepan, jika pertanyaannya siapa yang bermain, publik mungkin lebih tau dibandingkan saya,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, penetapan AKD di DPRD Purwakarta dinilai tidak proporsional, hal ini dilihat dari adanya satu komisi yang hanya diisi oleh dua anggota, sedangkan komisi bersangkutan terdiri dari beberapa bidang yang berkaitan langsung dengan kesejahteraan masyarakat. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top