Purwakarta

Tanggulangi DBD, Dinkes Purwakarta Bertindak “Seperti” Damkar

Dinkes Purwakarta

Cidahu.com – Mewahnya gedung dan fasilitas di Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purwakarta tidak berbanding lurus dengan meningkatnya pelayanan kesehatan dimasyarakat. Dalam konteks penanggulangan DBD, dinas tersebut bertindak seolah Pemadam Kebakaran (Damkar).

Hal itu terungkap dalam Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi IV DPRD Purwakarta di Dinas Kesehatan Purwakarta, Kamis (4/2/2016).

“Dalam hal penanganan wabah demam berdarah saja, dinas kesehatan kita, seolah bertindak seperti pemadam kebakaran, sudah ada jatuh korban baru bertindak, seakan tidak ada sosialisasi sebelumnya terkait bagaimana pencegahan wabah tersebut,” ungkap Anggota Komisi IV DPRD Purwakarta, Sutisna, SH, MH.

Dapat kita ketahui bersama, lanjut Politisi PDIP itu, bahwa wabah DBD tersebut terjadi dalam periode-periode tertentu, artinya langkah-langkah pencegahan melalui sosialisasi perilaku hidup bersih dan sehat juga bisa dilakukan oleh dinas terkait.

“Pertanyaannya, hal itu dilakukan tidak oleh Dinkes, apa harus menunggu dulu jatuh korban baru bertindak, seperti Damkar, kebakaran dulu baru pemadaman,” tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Purwakarta, Didi Suardi membantah bahwa dinas kesehatan tidak bekerja, dia mengklaim dinas tetap melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan, seperti dalam minggon di desa dan kecamatan.

“Kita tetap melakukan pencegahan dan penanggulangan salah satunya melalui fogging, kita kerja, kita tidak tidur,” kata Didi. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top