Purwakarta

GP Ansor Purwakarta Kembangkan Wirausaha Santri

GP Ansor Purwakarta Kembangkan Wirausaha Santri

Cidahu.com – Melalui Seminar Pengembangan Wirausaha Santri, Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PC GP Ansor) Kabupaten Purwakarta mulai memberdayakan para santri, khususnya di Purwakarta untuk menjadi wirausahawan yang handal.

Kegiatan yang digelar di Pondok Pesantren Minnatul Huda, Desa Cibogohilir Kecamatan Plered itu dihadiri oleh Ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (RMI PBNU) KH. DR. Arwani Syaerozy, MA, Ketua MUI Kabupaten Purwakarta KH. DR. Abun Bunyamin, Sekjen PW GP Ansor Jawa Barat Deni Ahmad Haidar, Direktur Pemerhati Wirausaha Santri Pesantren Indonesia Ahmad Fathoni, Phd dan puluhan pengusaha Nahdliyyin.

Dalam keterangannya, Ketua PC GP Ansor Purwakarta, Ahmad Anwar Nasihin mengatakan, pesantren merupakan embrio lahirnya ekonomi kerakyatan sejak pra kemerdekaan Indonesia.

“Pesantren juga menjadi basis kegiatan keagamaan dan perekonomian masyarakat yang mandiri mengembangkan insfrastuktur dan ekonomi para santrinya,” ujarnya kepada Cidahu News, Kamis (4/2/2016).

Menurutnya, sejak dulu bidang pertanian dijadikan sumber ekonomi yang digarap langsung oleh para santri sehingga banyak ponpes yang tidak hanya berpangku tangan menunggu uluran tangan dari pihak lain.

Pihaknya menyesalkan pada era sekarang justru berbalik arah pesantren seakan tidak berdaya mengembangkan lembaganya kerena kehilangan eksistensinya sebagai lembaga yang mandiri.

“Maka dari itu PC GP Ansor Purwakarta mencoba merefleksi kembali dan mencari solusi agar pesantren bisa mengembangkan potensi ekonominya melalui umat yang ada di sekitarnya, untuk menjadi wirausahawan,” tuturnya.

Dia katakan berikutnya, kendati demikian kita semua harus mendukung eksistensi pesantren agar lebih mandiri dan maju menjadi subkultur kepercayaan umat. “Peran aktif masyarkat dan pemerintah sangat diperlukan untuk mendukung kemajuan ekonomi di pondok-pondok pesantren,” harapnya.

Dalam seminar tersebut terungkap beberapa permasalahan yang datang dari peserta, misalnya terkait peran pemerintah daerah yang dianggap kurang begitu memperhatikan kemajuan pondok pesantren bahkan sedikit dikucilkan. Padahal, pesantren punya andil besar untuk kemajuan Bangsa dan Negara Indonesia. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top