Purwakarta

Sambut Imlek, Klenteng Budi Asih Purwakarta Berbenah

Klenteng Budi Asih Purwakarta

Cidahu.com – Sambut Imlek 2567 yang bertepatan dengan, Senin (8/2/2016) Klenteng Budi Asih, di Jalan Ahmad Yani No 6 Kelurahan Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, terus berbenah.

Wakil Bio Kong Klenteng Budi Asih, Freddy, menyebutkan, segala kebutuhan sembahyang untuk jemaat sudah disiapkan mulai hio, minyak kelapa untuk api keabadian dan beragam sesuguh buah buahan. “Tak ketinggalan dodol china,” ujarnya kepada Cidahu News, Minggu (7/2/2016) lalu.

Diungkapkan, Imlek tahun ini tepat jatuh pada tanggal 1 penanggalan kalender china 2567. Sebuah momentum yang langka diharapkan membawa keberkahan bagi umat manusia.

Klenteng Budi Asih atau penamaan tionghoa Bio Kwan Seng Tee Koe ini telah berdiri di Purwakarta sejak 99 tahun silam. Pada 2017 mendatang, kelenteng ini bahkan genap berusia 100 tahun.”Lebih tua dari kelenteng yang ada di Jalan Tuparev Karawang,” jelasnya.

Berkaitan silsilah leluhur masyarakat tionghoa penyebar aliran kepercayaan pertama kali masuk ke Purwakarta hingga terbangunnya Kelenteng Bio Kwan Seng Tee Koe ini, Freddy mengaku tak mengetahuinya secara gamblang.

“Para keturunan dari leluhur tionghoa sebagai saksi sejarahnya sudah pada meninggal dunia. Sehingga ada cerita yang terputus atas keberadaan klenteng ini,” ujarnya.

Ia hanya mengetahui klenteng Bio Kwan Seng ini lebih tua dari Bio Kong Tuparev, Karawang dan berada dibawah Kelenteng Ma Ku Poh di Tanjung Pura, Karawang.

Di kelenteng ini terdapat sembilan patung dewa dan tujuh meja persembahan (altar). Sebagai pribuminya adalah Dewa Kwan Kong. Terdapat juga patung Dewi Kwan In dan Patung Budha. Ada dewa dewa lainnya seperti dewa bumi, dewa dapur, dewa pintu didalam klenteng ini. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top