Peristiwa

Awas..! Taman Sri Baduga Rawan “Tangkal Rubuh”

Pohon di Taman Sri Baduga Purwakarta Rubuh

Cidahu.com – Bagi Anda, para pengunjung Taman Wisata Sri Baduga, Situ Buleud Purwakarta diharapkan untuk berhati-hati. Pasalnya, taman yang dilengkapi air mancur itu rawan terjadi pohon tumbang.

Selama musim penghujan, sudah dua kali pohon besar yang diperkirakan berusia sekitar 150 tahun ini tumbang di taman tersebut.

Setelah pohon tumbang yang mengakibatkan pagar pembatas rusak pada tanggal 31 Januari 2016 lalu, Rabu, (10/2/2016) kemarin salah satu pohon tua yang ada di taman tersebut kembali tumbang.

Beruntung tidak ada korban jiwa maupun luka-luka dalam insiden ini. Hanya saja, fasilitas air siap minum yang baru-baru ini dibuat Pemda Purwakarta rusak akibat tertimpa pohon tersebut.

Tidak ada angin kencang maupun hujan besar, namun pohon besar jenis asem ini tiba-tiba saja tumbang. Pohon tumbang ini persis di sekitar lokasi pintu keluar Taman Sri Baduga Situ Buleud, Purwakarta.

Saat wartawan memintai keterangan kepada petugas Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Purwakarta yang ada di lokasi, mereka ogah-ogahan memberikan keterangan.

Bahkan saat dimintai data pohon yang dinilai sudah berumur tua dan rawan tumbang di lokasi wisata tersebut, pejabat DKP Purwakarta tidak memberikan jawaban dengan alasan belum memiliki data pastinya.

“Belum didata pastinya pohon yang sudah tua dan rawan tumbang,” kata salah seorang pejabat DKP Purwakarta di lokasi kejadian.

Petugas DKP dibantu pihak kepolisian dan Satuan Polisi Pamong Pradja (Satpol PP) Purwakarta diterjunkan untuk melakukan evakuasi pohon yang menimpa badan Jalan Siliwangi, Purwakarta.

Arus lalulintas terpaksa ditutup selama evakuasi pohon besar ini berlangsung. Dari sekitar Pukul 11. 00 WIB evakuasi yang dilakukan petugas, akhirnya sekitar Pukul 14.00 WIB pohon tersebut berhasil dievakuasi dan jalan tersebut bisa dilalui kendaraan kembali. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top