Nasional

23 Eks Gafatar asal Purwakarta Ditampung Dinsos

23 Eks Gafatar asal Purwakarta Ditampung Dinsos

Cidahu.com – Sebanyak 23 jiwa eks anggota Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) asal Kabupaten Purwakarta tiba ke wisma penampungan milik Dinas Tenaga Kerja Sosial dan Transmigrasi (Disnakersostrans) Purwakarta, Senin (15/2/2016).

Mereka tiba ke kampung halaman di Purwakarta, setelah melewati perjalanan hampir sebulan dari Kalimantan. Rombongan eks Gafatar Purwakarta tiba di Jakarta bersama eks Gafatar daerah lainnya.

Di Jakarta, mereka didata dan ditampung. Seminggu dari sana kemudian disalurkan ke Dinsos Pemprov Jabar di Bandung.

“Hari ini mereka tiba ke Purwakarta,” ujar Kabid Sosial Disnakersostrans Purwakarta Yana Mulyana kepada sejumlah Wartawan, Senin sore.

Meski demikian ia belum bisa memastikan untuk berapa lama 23 jiwa eks Gafatar ditampung didinasnya. “Kami masih menanti arahan dari Pak Bupati. Bagaimana kelanjutan hidup eks Gafatar ini, belum tahu,” ujarnya.

Rupanya hal inilah yang dikhawatirkan para eks Gafatar. Seperti dilontarkan Abdul Rahman dan Wildan, asal Cibatu. “Pemerintah pastinya sudah punya solusi saat membubarkan ormas ini. Kami meminta pemerintah memerhatikan keberlangsungan hidup kami selanjutnya,” ujar Wildan.

Diungkapkan, dua tahun hidup di Kalimantan kehidupannya nyaman dan tentram bahkan memiliki penghasilan dari bertani. “Sehari penghasilan Rp 400 ribu dari usaha bertani terong,” ungkap ayah empat anak itu.

Abdul Rahman menambahkan, selain tempat tinggal, juga meminta pemerintah memberikan perlindungan keamanan dan modal usaha. “Karena kami datang lagi kesini tidak punya apa apa,” pungkasnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top