Nasional

Insfratruktur UNBK di Purwakarta Belum Siap

Insfratruktur UNBK di Purwakarta Belum Siap

Cidahu.com – Wakil Ketua Komisi IV DPRD Purwakarta, Sutisna, SH, MH mengatakan secara umum, untuk pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Purwakarta bisa dikatakan belum siap. Walaupun penunjukan pelaksanaan sudah ada di sejumlah sekolah.

“Secara sumber daya manusia mungkin sudah siap, tapi untuk insfratruktur seperti perangkat komputer dan lainnya secara umum masih perlu persiapan yang matang,” kata Kang Tisna didampingi Ketua Komisi IV DPRD Purwakarta, H. Ahmad Sanusi kepada Cidahu News, di Gedung Dewan, Senin (15/2/2016) lalu.

Terkait hal itu, Komisi IV selaku leading sektor bidang pendidikan telah melakukan verifikasi dengan beberapa dinas terkait, salah satunya dengan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

“Pada prinsipnya pelaksanaan UNBK bukan merupakan sebuah kewajiban semua sekolah, tapi lebih kepada kesediaan dan kesiapan sekolah. Artinya sejauh mana kesiapan sekolah untuk melaksanakan ujian nasional yang berbasis komputer,” tuturnya.

Selain itu, Politisi PDIP Purwakarta itu juga menambahkan, walaupun pihak sekolah atau mengatasnamakan komite sekolah mensiasati untuk bisa tetap melaksanakan UNBK dengan pungutan atau iuran dan lainnya, itu adalah hal yang tidak dibenarkan.

“Jika dikonpersi, dengan aturan yang ada dari pemerintah pusat, bahwa UNBK itu sipatnya tidak dipaksakan. Apalagi meminta dan memungut biaya kepada para siswa, pelaksanaan UNBK dikembalikan lagi pada kemapuan sekolah dan para siswa,” ujarnya.

Dihubungi terpisah, Kepala Bidang Pendidikan Menegah (Kabid Dikmen) Disdikpora Kabupaten Purwakarta, H. Diaudin membenarkan sudah adanya penunjukan sejumlah sekolah di Purwakarta yang akan melaksanakan UNBK.

“Untuk tingkat menengah ada Tiga SMA Negeri dan Satu SMK Swasta, untuk yang lainnya mungkin menyusul pada ujian-ujian ditahun berikutnya. Rencananya UNBK digelar sekitar 4 sampai 6 April 2016 mendatang,” ujar Kabid melalui sambungan selulernya.

Dia berharap apapun teknisnya dalam pelaksanaan Ujian Nasional (UN) mendatang, tingkat kelulusan siswa di Kabupaten Purwakarta bisa mencapai 100 persen.

“Ujian berbasis komputer kan tidak dipaksakan, tergantung kesiapan sekolah, hal yang lebih penting adalah bagaimana semua peserta UN di Purwakarta bisa lulus dan dapat menyelesaikan pendidikan dengan baik,” tutupnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top