Purwakarta

BAZNAS Purwakarta Distribusikan 1,5 Miliar Zakat dan Infaq

BAZNAS Purwakarta Distribusikan 1,5 Miliar Zakat dan Infaq

Cidahu.com – Dalam kurun waktu 2015, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Purwakarta distribusikan zakat dan infaq sebesar Rp1,5 miliar. Sedikitnya ada 8 jenis bantuan yang disalurkan kepada warga oleh lembaga amal tersebut.

“Ada 8 jenis bantuan yang disitribusikan selama tahun 2015, nilainya mencapai Rp1,5 miliar lebih. Diantaranya, bantuan untuk fakir miskin konsumtif, fakir miskin produktif, fisabilillah, bantuan mualaf, bantuan ibnu sabil, bantuan gharimin, amilin dan bedah rumah dhuafa,” ujar Sekretaris Umum BAZ Purwakarta, DR. Yusep Solehuddin, M.Ag usai acara pemberian bantuan zakat dan infaq secara simbolis di Gedung Dakwah Cipaisan, Rabu (17/2/2016)

Menurutnya, hasil pengumpulan zakat selama tahun 2015 berkisar antara Rp1,8 yang dihimpun dari Zakat Maal, Infaq, Gasibu, Zakat Fitrah Dinas Zakat Fitrah Kecamatan dan sisa Saldo tahun 2014.

“Saldo zakat Desember 2014 Rp452.405.077, jumlah pengumpulan selama 2015 Rp1.435.495.652. Sementara untuk pendistribusian sekitar Rp1.533.588.403. Jadi ada saldo untuk dana cadangan yang tersedia di BASNAS Purwakarta sekitar Rp.354.312.326,” beber Yusep.

Di tempat yang sama, Ketua Umum BAZNAS Kabupaten Purwakarta, DR.KH. Abun Bunyamin, MA mengatakan, kedepan untuk optimalisasi pengumpulan zakat dari warga maupun pengawai dipemerintahan, diperlukan regulasi yang jelas dan tegas dari pihak eksekutif.

“Kedepan kita harap tidak sekedar himbauan dari pemerintah daerah untuk membayarkan zakat ke BAZNAS tapi lebih kepada intruksi langsung, bisa saja berupa Perbup, di kabupaten dan kota lain ini sudah dilakukan,” terang Abun.

Namun, hingga kini pihaknya juga terus mengupayakan optimalisasi pengumpulan zakat dengan berbagai starategi dan sosialisasi yang intens kepada masyarakat. “Tentunya juga dibarengi dengan pendistribusiannya yang transparan dan tepat sasaran,” kata Tokoh yang jugan menjabat sebagai Ketua MUI Purwakarta itu.

Menutup, Abun Bunyamin menambahkan, acara yang digelar di Gedung Dakwah kali ini merupakan wujud syukuran BAZNAS yang sudah dapat melaksanakan tugasnya untuk membatu umat yang berhak. “Alhamdulillah, kita gelar syukuran dan tasyakuran buat anak-anak yang dikhitan,” tutupnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top