Pendidikan

Mantap..! “Budak” Bintar Ciptakan Mesin Penghancur Sampah

SMK Bina Taruna (Bintar) Purwakarta

Cidahu.com – Permasalahan sampah yang akhir-akhir ini terus ramai diperbincangkan, ternyata memotovasi sejumlah siswa SMK Bina Taruna (Bintar) Purwakarta. Para siswa SMK swasta ini diam-diam menciptakan inovasi berupa mesin penghancur sampah, baik organik maupun non organik.

Mesin penghancur sampah buah tangan dari pelajar sekolah kejuruan ini, dibuat dengan tujuan untuk ikut serta membantu pemerintah dan diharapkan mampu menjadi salah satu solusi untuk menanggulangi penumpukan sampah.

Dengan peralatan dan komponen sederhana, peserta didik ini merangkai dan menciptakan inovasi mesin penghancur sampah di salah satu ruang praktek SMK Bintar, yang beralamat di Jalan Industri Maracang Kecamatan Babakan Cikao.

Dengan mesin hasil karya tangan anak-anak ini, pihak sekolah ingin ikut andil melakukan upaya untuk meminimalisir tumpukan sampah. Terutama sampah non organik. Dengan mesin penghancur ini, diyakini mampu mengurangi sampah organik yang kemudian bisa dimanfaatkan untuk pupuk kompos. Serta menghancurkan sampah non organik jenis pelastik dan sebagainya untuk dihancurkan dan bisa didaur ulang.

Salah seorang pelajar SMK Bintar yang membuat mesin penghancur sampah Hendra Ardiana mengaku, sempat kesulitan dalam dalam membuat dan merangkaikan komponen untuk membuat mesin tersebut. Namun dia mengaku tetap kompak dan semangat menuntaskan pembuatan mesin ini bersama siswa lainnya. “Sempat kesulitan, tapi saya bangga setelah mesin ini jadi,” kata Siswa kelas XII jurusan mesin ini.

Sementara, Kepala Sekolah SMK Bintar Purwakarta, R. Us Us Kusumanegara mengaku merasa bangga dengan hasil karya anak didiknya. Inovasi yang dibuat dengan bimbingan guru tersebut, dinilai akan bisa memberikan manfaat yang sangat positif baik untuk kebersihan lingkungan maupun dunia usaha. “Untuk mesin penghancur plastik ini akan dikerjasamakan dengan perusahaan-perusahaan,” jelasnya kepada Cidahu News, Kamis (25/2/2016).

Dia mengatakan, pihak sekolah akan selalu memfasilitasi peserta didik yang memiliki ide dan inovasi untuk membuat sesuat yang memiliki nilai manfaat. “Mudah-mudahan mesin ini bisa bermanfaat. Dan mudah-mudahan siswa lain termotivasi untuk membuat inovasi-inovasi lain yang bermanfaat,” harap dia. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top