Purwakarta

Akhirnya, Purwakarta Punya Sarjana Pendamping Desa

Akhirnya, Purwakarta Punya Sarjana Pendamping Desa

Cidahu.com – Pemkab Purwakarta, Provinsi Jawa Barat akhirnya resmi memiliki petugas pendamping desa.

Hal ini diketahui setelah dilakukannya penandatanganan Surat Perjanjian Kerja (SPK) oleh Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (BPMPD) Jawa Barat dan pendamping desa bertempat di Bale Janaka Setda Purwakarta, Senin (7/3/2016).

Hadir pada kesempatan tersebut, unsur BPMPD Jabar, Kabag Pemdes Setda Purwakarta, Totong Hidayat serta puluhan pendamping desa tingkat kabupaten (Tenaga Ahli) dan kecamatan (Pendamping Desa) hasil seleksi akhir 2015 lalu. “Pemdes dalam hal ini hanya memfasilitasi,” kata Totong.

Totong menyambut baik keberadaan tenaga pendamping desa. Apalagi hal ini merupakan amanat UU Desa No 6/2014. Sebagaimana tupoksinya, ia berharap pendamping desa mampu berkontribusi besar bagi pembangunan desa.

“Dana yang masuk ke desa tahun ini cukup besar. Rata-rata tiap desa Rp 600 juta dari DD (Dana Desa). Belum dari sumber lain. Jelas, perlu pendampingan supaya pengelolaannya maksimal. Upaya preventif lain juga kita lakukan dengan menggandeng Kejari untuk kepentingan advokasi,” ujarnya.

Tak hanya memberikan pendampingan penggunaan dana desa, tambah Totong, pendamping desa juga dituntut kreatif menggali setiap potensi yang ada di desa. Sehingga, cita-cita Desa Membangun, mandiri dan berdaya dapat terwujud. “Utamanya menyangkut pemberdayaan masyarakat,” tukasnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top