Purwakarta

Darangdan Purwakarta Targetkan 6490 Balita Ikuti Pekan Imunisasi Nasional Polio 2016

PIN di Kecamatan Darangdan Purwakarta

Cidahu.com – UPTD Puskesmas Kecamatan Darangdan menggelar Pekan Imunisasi Nasinoal (PIN) Polio 2016 serentak, Selasa (8/3/2016) lalu. Dibantu Unsur Muspika Pihak Puskesmas mentargetkan 6490 Balita usia 0-59 bulan dapat di imunisasi.

Acara yang dibuka Camat Darangdan di Pos 6 GOR Desa Darangdan di ikuti hampir 100 balita Usia 0-59 bulan. “Kita serentak lakukan Program PIN di Kecamatan Darangdan. Ada sekitar 90 Pos Dari 15 Desa,” ujar H. Karso Kepala UPTD Puskesmas Darangdan.

Ia melanjutkan, Kerjasama dengan Unsur Muspika sangat diperlukan untuk mendampingi petugas kesehatan dan mengimbau kepada orangtua melakukan imunisasi polio bagi anaknya. Target kami di kecamatan Darangdan sendiri 100 persen balita bebas polio,” kata dia.

Karso menjelaskan, penyakit polio adalah penyakit menular yang menyebabkan kelumpuhan bahkan kematian. Untuk itu langkah pencegahan ini sangat penting. “Program ini sangat penting karena Setiap menit bisa saja bayi/balita meninggal karena kurangnya imunisasi,” terangnya.

Ditempat yang sama, Camat Darangdan Ade Sumarna mengatakan, Pihaknya sudah mengintruksikan seluruh jajaran kader dan Kepala Desa untuk menggelar PIN. Selain mentargetkan 6490 balita dapat di imunisasi pihaknya juga nantinya akan melakukan swiping kedaerah guna pengotrolan.

“Kita targetkan 100 persen bayi dan balita khususnya di kecamatan Darangdan dapat di imunisasi. Tentunya nanti kita akan adakan swiping. Dor to dor ke rumah warga untuk mengecek langsung,” ujarnya.

Kegiatan ini kata dia, lebih mengutamakan pecegahan, disamping dapat menyebabkan kematian juga dapat mengakibatkan kelumpuhan. ”Seandainya saja ada yang terkena lumpuh akibat kurangnya imunisasi nanti yang jadi beban keluarganya dan termasuk negara juga makanya kita lakukan pencegahan,” ujarnya.

Pihaknya berharap, bagi seluruh masyarakat agar dapat mengikut dan mensuksekan Program Pekan Imuniasasi Nasional (PIN) Polio 2016. Kita 2020 indonesia bebas Polio.

“Saya juga nanti terjun untuk monitoring kelapangan,dan saya berharap agar PIN ini dapat rampung sampai 15 untuk Kecamatan Darangdan” tutupnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top