Nasional

Akom Sosialisasikan UU Penjaminan

Akom Sosialisasikan UU Penjaminan

Cidahu.com – Bertempat di Pusat Jajan Serba Ada (Pujasera) Menteng di Jalan Veteran, Ketua DPR RI DR. H. Ade Komarudin, MH sosialisasikan Undang Undang (UU) Penjaminan, Jumat (25/3/2016).

Sosialisasi tersebut dikuti oleh ratusan para pelaku Usaha Mikro Menengah dan Koperasi (UMKMK) se-Kabupaten Purwakarta.

“UMKMK mempunyai peran strategis dalam menggerakkan perekonomian nasional dilihat dari serapan tenaga kerja, daya tahan terhadap guncangan ekonomi global dan daya jangkau dalam menggerakkan perekonomian nasional,” demikian dipaparkan Akom.

Menurutnya, lahirnya UU Penjaminan sangat ditunggu-tunggu oleh para pelaku usaha mikro, menengah dan koperasi (UMKMK). Namun, pada kenyataannya, UMKMK menghadapi kendala internal dan eksternal.

“Kendala internal terkait antara lain dengan keterbatasan modal, tidak mempunyai laporan keuangan yang baik dan manajemen bersifat kekeluargaan,” imbuhnya.

Sementara terkait kendala eksternal, Pria asal Desa Benteng Kecamatan Campaka itu mengatakan, antara lain susahnya mendapatkan permodalan, teknologi, informasi, pemasaran, dan infrastruktur serta kemitraan dan pendampingan. “Kendala internal dan eksternal tersebut menjadikan UMKMK tidak thinkable,” ujarnya.

Kang Ade, begitu dia biasa disapa juga menambahkan, terhadap kesulitan pelaku UMKMK mendapatkan kredit atau pembiayaan tanpa memberikan agunan, pemerintah sejak tahun 1971 telah memperkenalkan skema penjaminan kredit dengan membentuk lembaga jaminan kredit koperasi (LJKK).

“UU ini memperkuat dasar hukum atas peraturan tentang penjaminan yang komprehensif sehingga menjadi rujukan dalam menyelenggarakan penjaminan dan penyeimbang pengaturan di sektor jasa keuangan setingkat dengan perbankan dan perasuransian,” ujarnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top