Kampus

Permata Bandung Gelar Talkshow Pendidikan di Purwakarta

Permata Bandung Gelar Talkshow Pendidikan di Purwakarta

Cidahu.com – Diikuti oleh ratusan peserta dari pelajar tingkat SMA dan Mahasiswa. Perhimpunan Mahasiswa Purwakarta (Permata) Cabang Bandung menggelar Great Talkshow Pendidikan and Wall Painting Cintest, di Bale Citra Resmi, Minggu (27/3/2016).

“Tema yang kita ambil kali ini adalah Membudayakan Kesadaran Pendidikan untuk Menciptkan Karakter Pendidikan di Purwakarta. Sub temanya, kaum muda harus mampu menjawab tantangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” kata Ketua Umum Permata Bandung, Dion Murdiono.

Menurutnya, pesertanya berasal dari SMA, SMK, MA, Mahasiswa dan beberapa Organisasi Kedaerahan yang ada di Purwakarta. Yang hadir ada sekitar 456 peserta. Bertindak sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan, Moch Ilga SM.

Dion berharap, setelah acara ini peserta sadar akan pentingnya pendidikan dengan output mampu menjawab tantangan MEA. Dan pembentukan karakter manusia sehingga mampu bersaing, beretika, bermoral, sopan santun dan bersosial terhadap masyarakat.

Pasalnya, berdasarkan penelitian kesuksesan tidak hanya ditentukan oleh hard skill (pengetahuan dan kemampuan teknis) kisarannya sekitar 20 persen. Sementara 80 persen itu ditentukan oleh soft skill oleh kemampuan diri untuk berinteraksi dengan masyarakat.

“Semoga acara ini awal dari kesadaran, selalu berproses, berani bersaing, mencari wawasan luas dan tidak pernah takut gagal. Karna tantangan MEA sudah terasa dampaknya. Semoga acara ini awal dari kebangkitan pemuda Purwakarta,” ujar Dion.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah pemateri diantaranya, Wakil Bupati Purwakarta, perwakilan dari Kemenag, Disdikpora, dari Legislatif dan Direktur Eksekutif Institute of Democracy and Education (IDE), Gugun Gumilar, S.Pd., MA.

Dalam paparannya Kang Gugun mengatakan, dalam membangun optimisme dalam era MEA di Purwakarta, masyarakat dituntut harus harus punya mimpi dan niat yang merupakan awal dari segalanya, dare to dream mengembangkan diri sendiri dan berusaha keras adalah kunci meraih masa depan yang cerah dan dinamis.

“Jika yakin dengan kemampuan diri sendiri, maka kita akan berani mencoba hal atau tantangan baru. Sukses atau gagal, tidak jadi masalah. You can’t reach your dream if you never try from now, Karena yang terpenting bagi saya jangan pernah takut untuk maju sebelum berperang,” paparnya.

Menurutnya, optimis dan yakin akan kemampuan diri sendiri, menjadi kunci dalam meraih masa depan yang cerah. “Pemuda Purwakarta jangan lupa untuk menghargai setiap usaha yang dibuat dan percaya dengan jalan Tuhan untuk menatapi pendidikan yang cerah dan maju. Life is a place to learn,” kata Gugun. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top
%d blogger menyukai ini: