Nasional

Pelayanan Kependudukan Purwakarta: Dari Gempungan Hingga Sertifikat ISO 9001:2008

Pelayanan Kependudukan Purwakarta: Dari Gempungan Hingga Sertifikat ISO 9001:2008

Cidahu.com – Kabupaten Purwakarta bersama 12 kabupaten dan 4 kota lainnya di Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai daerah yang telah bersertifikat ISO 9001:2008 dari pemerintah pusat atas prestasi dalam bidang kependudukan dan catatan Sipil.

Penyerahan penghargaan ini telah dilaksanakan pada Kamis malam (30/3/2016) di Ballroom Hotel Horison Ultima, Kota Palembang, Sumatera Selatan atas prakarsa Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Zudan Arif Fahrullah, mengatakan bahwa daerah yang mendapatkan penghargaan malam ini hanyalah daerah yang dinilai konsisten menjaga kinerja dan profesionalisme dalam bidang pelayanan kependudukan dan catatan sipil berdasarkan standarisasi ISO 9001:2008.

“Selamat kepada para kepala daerah yang mendapatkan penghargaan malam ini, semata ini karena peningkatan mutu pelayanan kependudukan dan catatan sipil yang telah dilakukan di masing-masing satuan kerja perangkat daerah,” kata Zudan Arif Fahrullah dalam sambutannya.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi yang turut hadir untuk menerima penghargaan ini mengatakan bahwa peningkatan kinerja Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil diwilayahnya dimulai sejak tahun 2008 melalui program “Gempungan di Buruan Urang Lembur” (berkumpul di halaman orang kampung.Red).

“Dalam acara Gempungan itu, masyarakat tidak perlu repot mengantri di ruang tunggu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, tetapi petugas dinas-lah yang datang langsung ke halaman rumah mereka untuk memberikan pelayanan,” ujar Dedi menjelaskan.

Lebih lanjut Dedi Mulyadi menjelaskan, sudah sejak lama Pemerintah Kabupaten Purwakarta memiliki komitmen yang kuat dalam bidang pelayanan publik terutama dalam bidang kependudukan dan catatan sipil yang sudah menjadi kewajiban negara untuk mendata penduduk sampai unit paling kecil yakni keluarga.

“Pemerintah itu kan adalah pelayan masyarakat pada semua tingkatan, sampai unit terkecil. Ini penghargaan hanya bonus saja, fokus kami tetap pelayanan publik,” kata Dedi menambahkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Purwakarta, Balya Susila Ilyas, mengatakan bahwa penghargaan ini bukan menjadi titik akhir jajarannya dalam melaksanakan pelayanan kepada masyarakat. Dirinya optimis, kinerja Satuan Kerja Perangkat Daerah yang dia pimpin akan lebih meningkat mulai saat ini dan seterusnya.

“Ini motivasi buat kami sebenarnya untuk bekerja lebih baik lagi. Bahkan kemarin dinas kami lolos audit eksternal. Kami senang,” ujar Balya Susila sambil tersenyum.

Selain Kabupaten Purwakarta, Kota Sukabumi dan Kabupaten Majalengka juga turut mendapatkan Penghargaan bergengsi di bidang kependudukan ini. (Humas Setda Purwakarta)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top