Politik

PDIP Tegaskan Komitmen Pro Desa

PDIP Tegaskan Komitmen Pro Desa

Cidahu.com – Pada implementasinya Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, kini sudah mampu mengubah cara pandang dan berfikir dalam menempatkan desa sebagai bagian terpenting dalam pembangunan nasional.

Demikian dikatakan Ketua DPC PDIP Purwakarta, Acep Maman dalam Reses Anggota DPR RI Fraksi PDIP, Daniel Lumban Tobing di Hotel Intan, Sabtu (2/4/2016) lalu.

Menurutnya, termasuk didalamnya program dana desa yang kini telah memberikan otonomi kepada desa untuk mengatur anggarannya sendiri. Pria yang digadang-gadang bakal masuk bursa Pilkada Purwakarta itu menilai program ini termasuk kepada misi pencerdasan desa.

“Kini, banyak kepala desa yang sudah mulai memahami dan berbicara tentang draft PP Dana Desa, UU Desa, dan kerangka kerja untuk membangun desa mereka. Desa juga diajari menginventarisasi aset desa. Yang mana saja? Dipakai sama siapa? Desa perlu mengetahui apa saja asetnya,” katanya dihadapan puluhan kepala desa yang hadir dalam reses tersebut.

Puluhan Kades di Purwakarta ikuti reses Daniel Lumban Tobing

Puluhan Kades di Purwakarta ikuti reses Daniel Lumban Tobing

Dia katakan berikutnya, setidaknya ada dua hal yang membuat kagum dalam Undang-undang Desa ini terdapat dalam Bab X Bagian Kedua terkait dengan Pembangunan Kawasan Perdesaan dan Bab XI terkait Kerjasama Desa, keduanya menjadi ide yang sangat mendasar untuk menjadikan desa menjadi pilar yang dapat menopang pembangunan bangsa ini.

“Kita tekankan kepada semua Kader Banteng yang ada di Purwakarta, kini sudah saatnya para kader fokus membangun desanya dan menjadikan UU 6/2014 sebagai wadah bagi kader untuk lebih memajukan desanya masing-masing,” ujar Aman, begitu dia biasa disapa.

Selain itu, lanjut Aman, peran serta secara aktif masyarakat dalam partisipasi pembangunan desa dengan memberikan kepercayaan manajerial pada pemerintahan desa yang diwakili oleh Kepala Desa dan Bamusdes jangan sampai disalahgunakan oleh para apartur desa.

“Hal ini akan menjadi upaya mempercepat pemberdayaan masyarakat desa, namun demikian ada hal yang perlu diperhatikan oleh masyarakat desa yaitu tentang peran serta pengawasan kemana dana desa itu bergulir, walau secara teknis ada yang disebut pendamping desa dan pihak bewenang lainnya,” ujarnya.

Menutup, Politisi Senior PDIP Purwakarta itu mengatakan buat kami yang penting bagaimana masyarakat bisa sejahtera ditengah-tengah setiap program pembangunan yang berjalan.”Desa jangan sampai hanya menjadi obyek program,” pungkasnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top