Purwakarta

Diduga, Oknum UPK PNPM di Purwakarta Tilep Dana PNPM 200 Juta

Cidahu.com – Tak hanya memark-up bunga pinjaman bergulir, oknum anggota UPK (Unit Pengelola Kegiatan) PNPM di Purwakarta juga diduga telah menggelapkan dana PNPM lebih Rp 200 juta.

“Dananya diduga digelapkan dan dipakai untuk keperluan pribadi,” kata Ketua Pemuda Pegiat Desa (PPD) Kabupaten Purwakarta, Dadang Ubaidillah, Senin (4/4/2016).

Menurutnya, penggelapan dana tidak terjadi sekaligus, melainkan bertahap selama beberapa bulan. Awalnya, pelaku diduga hanya menggunakan dan memakai bunga pinjaman untuk memenuhi kebutuhannya, namun belakangan dana pokok peminjam juga terpakai. “Lama kelamaan membengkak hingga lebih Rp 200 juta,” ucapnya.

Dadang belum mau menyebut di UPK mana dana PNPM yang mengalami penyusutan tersebut. Namun ia memastikan hal ini terjadi bukan semata kesalahan UPK, tapi juga pola asistensi dan supervisi yang tidak jalan dari perangkat pembina di datasnya. Sebut saja, pihak pemerintah Kecamatan, Fasilitator hingga Satker Pemberdayaan tingkat kabupaten.

“Saya melihat disini ada pembiaran. Terlebih dari pihak fasilitator,” tandasnya.

Parahnya lagi, Dadang menengarai, hal itu bukan hanya terjadi di satu UPK saja. Melainkan terindikasi banyak terjadi di UPK lain. Modusnya pun nyaris sama. Untuk diketahui, UPK berdiri di tiap kecamatan di Purwakarta, kecuali kecamatan kota. Total dana bergulir yang dikelola disebut-sebut mencapai Rp 40 miliar.

“Makanya saya setuju banget, dana UPK ini diaudit. Sebab, belum pasti berapa sebenarnya dana real PNPM yang bergulir di masyarakat. Sebab selama ini angkanya baru klaim sepihak dari pengelola. Jadi, program pengakhiran PNPM oleh fasilitator sebenarnya belum tuntas. Yang ada justru masih menyisakan banyak masalah,” kata Dadang.

Sebelumnya, PPD juga mengendus adanya dugaan mark up bunga pinjaman oleh oknum pengelola UPK. Meski di buku laporan tertulis bunga pinjaman hanya 16 persen, namun faktanya peminjam dikutip hingga 20 persen. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top