Kampus

Bangun Desa Produktif, STIE Muttaqien Purwakarta Jalin Kemitraan

Bangun Desa Produktif, STIE Muttaqien Purwakarta Jalin Kemitraan

Cidahu.com – Wujudkan pengabdian pada masyarakat, STIE Muttaqien mendorong terbangunnya desa produktif melalui kerjasama kemitraan dengan sejumlah institusi pemerintah.

“Kini, STIE Muttaqien telah menjalin kerjasama kemitraan dengan sejumlah kecamatan seperti, Kecamatan Babakan Cikao, Wanayasa dan Kecamatan Cibatu. Kedepan akan dikembangkan lagi kerjasama ini dengan kecamatan lainnya,” kata Humas STIE Muttaqien Purwakarta, Agus Selamet kepada Cidahu News, Minggu (10/4/2016).

Menurutnya, kerjasama kemitraan STIE Muttaqien dengan institusi pemerintahan dilakukan untuk lebih mendorong pengembangan pelaksanaan program pengabdian pada masyarakat, terutama dalam membantu menciptakan masyarakat bersih dari sampah dan membangun desa produktif.

“Pengabdian masyarakat merupakan salah satu pilar tri dharma perguruan pinggi, disamping dharma Pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian,” kata Agus.

Adapun bentuk kerjasama yang akan digulirkan telah disepakati beberapa program yaitu, bidang kebersihan seperti memilah dan mengolah sampah sampai menjadi produk siap jual. “Kami istilahkan menyulap sampah jadi emas,” imbuhnya.

Kemudian bentuk kerjasama lainnya adalah dibidang pelatihan, pihak kampus bersama aparatur terkait menyelanggarakan pelatihan wirausaha dan motivasi kepada masyarakat setempat dengan tujuan warga memiliki wawasan berwirausaha sehingga tercipta desa produktif.

“Selain itu, dibangun juga kerjasama dalam mempromosikan produk-produk yang dihasilkan warga masyarakat, tentunya promosi berbasis internet yang dibantu oleh STIE Muttaqien,” tambah Agus.

Untuk tahap pertama STIE Muttaqien mendukung program pemerintah terutama dalam pengolahan sampah dan berbagai pelatihan yang akan direalisaikan bersama Tiga Kecamatan.

“Secara teknis pengolahan sampah dan pelatihan kewirausahaan kepada masyarakat akan diberikan oleh dosen-dosen dan praktisi bisnis mitra STIE Muttaqien,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Prodi Manajemen STIE Muttaqien, Iman Sidik Nusannas mengatakan, saat ini STIE Muttaqien konsen dengan peningkatan kualitas mahasiswa. Untuk menciptakam kualitas mahasiswa mereka harus diterjunkan langsung ke tengah-tengah masyarakat.

“Hingga setelah mereka lulus dari STIE Muttaqien bukan hanya sekedar menjadi sarjana, tapi mereka memiliki mental dan wawasan serta ilmu yang dahsyat,” ujarnya. (CN-01)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top