Purwakarta

Aplikasi “SEMAR” akan Menjemput Orang Sakit di Purwakarta menuju Rumah Sakit

Aplikasi "SEMAR" akan Menjemput Orang Sakit di Purwakarta menuju Rumah Sakit

Cidahu.com – Pemerintah Kabupaten Purwakarta pada Senin (11/4/2016) melaunching Aplikasi Ambulance Online di Gedung Kembar Purwakarta. Aplikasi berbasis Android ini dinamai “SEMAR” (Safety Emergency Medical Rescue) yang sudah dapat diunduh secara gratis melalui Google Play Store.

Acara yang dibuka secara langsung oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Purwakarta, Sekretaris Daerah Purwakarta, Kepala Dinas Kesehatan Purwakarta lengkap dengan para supir Ambulance yang siap bekerja dengan menggunakan pakaian khas sunda yakni pangsi dan iket.

Warga masyarakat Kabupaten Purwakarta dapat menggunakan aplikasi SEMAR tersebut dengan terlebih dahulu melakukan pendaftaran dengan cara mengisi user name, alamat, email, hingga nomor KTP yang sesuai dengan data di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Purwakarta.

Setelah itu, warga akan disajikan tampilan dalam layar smartphonenya bertuliskan “PANGGIL AMBULANCE” yang harus disentuh jika kita memerlukan ambulance dengan segera.

Setelah itu, operator yang berada di Pusat Komando Ambulance akan memberikan tugas kepada Ambulance yang memiliki posisi paling dekat dengan user atau pemanggil untuk menjemputnya menuju Rumah Sakit.

Dalam sambutannya Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi berujar bahwa aplikasi ini diperuntukan khusus untuk warga Purwakarta karenanya untuk log ini ke dalam aplikasi ini dibutuhkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang sesuai dengan data pada Kartu Tanda Penduduk (KTP) user atau pengguna.

“Kami lakukan ini agar tertib untuk meminimalisir orang yang iseng dan tidak bertanggung jawab,” ujar Dedi menjelaskan.

Lebih lanjut Dedi menjelaskan bahwa sistem aplikasi ini tidak berhenti sampai penjemputan saja. Tetapi setiap tugas yang diemban oleh supir ambulance dikatakan “Complete” atau selesai dalam sistem aplikasi ini ketika pasien sudah masuk kamar perawatan.

Aplikasi Semar Purwakarta

Screebshot login dan mendaftar/Rismawan

“Artinya pihak rumah sakit dibawah koordinasi Dinas Kesehatan Purwakarta harus mampu gerak cepat menangani pasien,” kata Dedi menambahkan.

Sementara itu menurut perwakilan dari pengembang aplikasi “SEMAR” ini Deni mengatakan bahwa ke depan aplikasi ini akan dikembangkan dalam sistem operasi smartphone yang lain selain Android yang juga populer ditengah masyarakat seperti iOS.

“Kita akan terus kembangkan aplikasi ini karena tujuannya kan untuk pelayanan masyarakat. Jadi harus compatible di semua sistem operasi pada smartphone. Konektifitas dengan supir yang selama 24 jam siaga juga akan terus dibangun,” kata Deni.

Untuk sementara Pemerintah Kabupaten Purwakarta menyediakan sebanyak 40 Ambulance yang siaga selama 24 jam di setiap Puskesmas. Jumlah Ambulance ini akan terus bertambah secara bertahap mengingat Purwakarta memiliki 193 Desa dan Kelurahan. (Humas Setda Purwakarta)

Comments

Portal berita online Purwakarta

Copyright © 2017 Cidahu News by Jabar Media Net(work)

To Top